Dewi Handajani Kunjungi Pengrajin TenunTapis Dan Batik Di Sumberejo

BERITA TERKINI KABIRO PENA LAMPUNG LAMPUNG Tanggamus

TANGGAMUS (Pena Lampung) – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, kunjungi Pengrajin Tenun Tapis dan Batik yang berada si Pekon Margodadi, Kecamatan Sumberejo. Dirinya hadir didampingi Ketua Dekranasda setempat, Nur’aini Hamid Lubis beserta Rombongan pada, Rabu(04/3/20).

Salahsatu pengrajin yang dikunjungi antaranya usaha kerajinan Tenun Putri, milik Hendri Dunan, warga setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Dewi Handajani menyampaikan arahan dan masukan kepada pengrajin, agar terus menekuni kerajinan yang dilakukan, untuk memajukan Tapis Tanggamus.

“Saya berharap, supaya setiap rumah bisa diajarkan menenun dan terus diwariskan, serta bisa dibantu permodalan dan pemasarannya.Tenun Tapis Tanggamus juga harus beda dari tenun daerah yang lain, dan dapat dipasarkan pada pasar modern, serta ditampilkan dalam Even Lampung Craft,” harap Dewi.

Baca Juga :  Antisipasi Corona, Bupati Tanggamus Alihkan Aktifitas Pemerintahan Dan Pendidikan Selama 14 Hari

Bupati yang juga Pembina Dekranasda Tanggamus ini menyampaikan keinginannya, agar Tenun Tapis yang ada di Kabupaten Bumin Begawi Jejama tersebut,dapat berlomba dikancah internasional dan membawa nama baik Kabupaten.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan keinginginannya agar ada Kampung Sentra Belah Ketupat, sebagai salah satu motif khas Kabupaten Tanggamus.

“Dibuat gapuranya, SDM nya juga dikembangkan, agar bisa membuat benang sutera. SDM nya juga akan terus kita upgrade,” janji Bupati.

Baca Juga :  Pilkades 2019, Polsek Sekampung di Backup Tuba, Metro dan Lamteng Apel Gelar Pasukan

Harapan yang sama dengan Bupati, Ketua Dekranasda Nur’aini Hamid Lubis juga menyampaikan, agar Tenun Tapis yang ada di Kabupaten Tanggamus dapat menghasilkan kerajinan tapis yang lebih indah dan baik dari daerah lain.

Ia menjelaskan bahwa kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka Roadshow dalam Pembinaan sekaligus memberikan dukungan penuh terhadap pengrajin tapis dan tenun yang ada, agar dapat lebih berkembang.(Odo/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *