Kapolres Tuba AKBP Syaiful Wahyudi, Anjangsana Ke PWI Tubaba

LAMPUNG Tulang Bawang Barat

Tulang Bawang Barat, – Kapolres Tulangbawang AKBP Syaiful Wahyudi melakukan kunjungan ke PWI Tubaba,Rabu (23/1), kunjungan silaturahmi ‘anjangsana’ di PWI Itu selain silaturahmi sekaligus membuktikan bahwa betapa pentingnya hubungan harmonis antara Kapolres dan jajarannya bersama media di dalam wilayah tugasnya.

Pada kunjungan tersebut dirinya (Kapolres -red)) mengatakan bahwa betapa pentingnya melaksanakan kominukasi massa dalam melakasanakan kegiatan jurnalistik.
“pers berperan sebagai media informasi tentunya memiliki fungsi pendidikan dan hiburan, selain itu pers juga berfungsi sebagai kontrol sosial”.Paparnya.
Menurut Kapolres, Pers harus bisa menjembatani semua pihak, selain kontrol sosial juga dapat memberikan informasi berimbang dan aktual yang pada akhirnya dapat memberikan solusi dalam setiap kinerjanya.

Baca Juga :  Program Sertifikat Prona Kampung Panca Tunggal Jaya Di Duga,Beraromakan Pungli.

Berangkat dari fungsi-fungsi tersebut, pers merupakan pilar keempat demokrasi, di samping eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Semua fungsi dan peran yang diatur dalam UU Pers, dilakukan oleh insan pers berdasarkan informasi yang tepat, akurat, dan objektif.

“Tugas dan tanggung jawab ini hanya bisa dijalankan jika pers bersikap objektif. Di sinilah tantangan insan pers, bahwa dalam menjalankan fungsinya, etika, moral, dan kepentingan nasional harus menjadi pijakan. Hanya dengan mengedepankan ketiganya, pers tidak terjebak pada kepentingan politik,” ujarnya.

Baca Juga :  Camat Candipuro Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Karyamulyasari

Sementara Ketua PWI Tulangbawang Barat Edi Zulkarnain menjelaskan jumlah anggota PWI sebanyak 48 orang terdiri dari berbagai media baik cetak, online dan elektronik. Dari jumlah tersebut, kata dia, sekitar 90 persen telah dinyatakan kompeten oleh dewan pers. Ia meminta pihak kepolisian tidak meragukan kemampuan wartawan.

“Fungsi kontrol sosial, juga tak lepas dari peran pers untuk menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia, melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum, serta memperjuangkan keadilan dan kebenaran,” pungkasnya. (Alb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *