KELELAHAN, PPK PUGUNG SKOR RAPAT PLENO

BERITA TERKINI LAMPUNG Politik Tanggamus

TANGGAMUS (PL) – Rapat pleno rekapitulasi yang dilakukan Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus yang dimulai pada Sabtu pagi(20/4/19), terpaksa di skor sementara hingga Minggu(21/4). Pasalnya hingga Pukul 23.00 Wib, belum rampung.

Menurut Sekretaris PPK Pugung, Hari Purnomo, PPK Pugung melaksanakan Pleno Pemilu dengan dibagi menjadi Empat Kelompok Hitung, pasalnya di Kecamatan Pugung ada 187 TPS yang ada di dalam 27 PPS. Jumlah itu terbanyak di Tanggamus.

“Jadi teknis hitungannya kami bagi empat kelompok, supaya cepat selesai. Jika dengan model perhitungan satu persatu TPS, bisa tiga hari tidak selesai,” ujar Hari memperkirakan.

Baca Juga :  Merasa Masih Diingkari,Rekanan Tuntut Pernyataan Diatas Materai

Dengan model perhitungan pararel empat kelompok lanjut Hari Purnomo, seharusnya ada empat proyektor. Namun di sini hanya ada satu proyektor.

Menurut Hari itu dibolehkan, asalkan nanti mengisi formulir model DAA1. Dengan cara ini saksi tidak mendapatkan langsung hasil rekap, namun boleh memotret hasil perhitungan tiap TPS.

Selanjutnya hasil dari tiap TPS direkap menjadi hasil PPS. Saat itulah baru pleno tingkat PPK berlangsung dengan penampilan hasil rekap melalui proyektor. Dan saksi mendapatkan salinan rekap perhitungan.

“Untuk empat kelompok ini, tiap kelompok menghitung hasil suara antara tujuh sampai delapan desa (pekon) atau PPS,” pungkasnya.

Baca Juga :  Zebe Management Dan IV Media,Sukses Menggelar Seminar Kebangsaan Mengenang Sejarah Kelam G30S/PKI,DiTulang Bawang...

Banyaknya jumlah Pekon atau PPS di kecamatan tersebut, akhirnya seluruh anggota pleno sepakat untuk menunda waktu rapat, lantaran waktu telah larut. Sementara peserta telah kelelahan.

Dilain pihak, Kapolsek Pugung, Iptu. Mirga Nurjuanda mengaku, jika pihaknya yang dibantu jajaran TNI dari Kodim 0424/Tgm, mengambil peran sementara untuk mensterilkan lokasi Pleno yang ada di Kecamatan Pugung tersebut.

“Perhitungan suara sementara dihentikan berdasarkan kesepakakatan bersama, sebab waktu sudah larut malam, dan petugas banyak yang kelelahan, maka dilanjutkan besok, Minggu (21/4/19) pukul 08.00.Wib,” kata Iptu Mirga mewakili Kapolres Tanggamus, AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM. (Odo/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *