Pemasaran Tungku Asal Braja Luhur Hingga Malaysia, Brunei, dan Canada

Aspirasi Publik BERITA TERKINI Ekobis LAMPUNG Lampung Timur Nasional Wisata

LAMPUNG TIMUR – Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim buka Festival 1000 Tungku sekaligus memperingati HUT Desa Braja Luhur Ke 57 yang di selenggarakan di Desa Braja Luhur, Kecamatan Braja Selebah, Kabupaten Lampung Timur, Minggu (14/10/2018).

Hadir pula pada acara, Anggota DPRD Lampung Timur, Akmal Fatoni, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Lampung Timur, Merah Juansyah, Sekretaris Dinas Pariwisata Lampung Timur, Estuning Wariani, Camat Braja Selebah, Cen Suatman, Kepala Desa Braja Luhur, Supratikno, serta 10 orang perwakilan Organisasi Kepemudaan Pendamping Kirab.

Untuk diketahui, Desa Braja Luhur merupakan salah satu desa yang rutin menggelar festival setiap tahunnya dan tahun ini Festival Seribu Tungku yang juga masuk dalam 101 Even Wisata Kabupaten Lampung Timur itu mengangkat tema “Berinovasi Tiada Henti” dengan harapan seluruh warga dapat terus berinovasi menghasilkan sebuah produk berkualitas tanpa henti.

Baca Juga :  HUT PWI KE-75, PWI Way Kanan Bagikan 250 Paket Sembako

Dalam Laporannya, Kepala Desa Braja Luhur Supratikno menyampaikan bahwa tungku-tungku asal Desa Braja Luhur telah tersebar di seluruh Indonesia dan berhasil menyaingi tabung gas elpiji. Selain Indonesia, tungku-tungku asal Desa Braja Luhur ini juga telah berhasil menembus pasar luar negeri seperti Brunei Darussalam, Malaysia bahkan Canada.

Supratikno mengatakan,”Festival Seribu Tungku ini merupakan salah satu moment yang saya mimpi-mimpikan, karena tungku disini merupakan produk home industri, namun hari ini saya ingin deklarasikan bahwa tungku asal Braja Luhur ini sudah mampu menyaingi tabung gas elpiji secara nasional. Kami berharap ibu bupati dapat segera mematenkan produk tungku Desa Braja Luhur ini, karena itu sangat kami tunggu-tunggu,”ungkapnya

Menanggapi hal tersebut, Bupati Lampung Timur, Chusnunia mengatakan akan segera membantu memproses hak paten tungku asal Desa Braja Luhur.

Baca Juga :  Untuk Mempertahankan Prestasi, Bupati Lamtim Menjadi Pembina Apel di SMA Way Jepara

Nunik mengatakan,”Berkaitan dengan hak paten tentu akan segera kita proses selanjutnya, kita akan segera bantu prosesnya, insyallah pemda segera bergerak secepatnya,”ujarnya

Lebih lanjut Nunik sapaan akrab Chusnunia itu menambahkan, “selain itu yang besar saya ingin bawa dan taruh di depan ruangan bupati agar jika ada tamu kita bisa tunjukkan inilah salah satu icon lampung timur selain badak, icon ini menunjukkan untuk produktivitas warga”.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Dokumen Kirab Pemuda dan penandatangan salah satu tungku oleh Bupati Lampung Timur Chusnunia. Selain itu, pada kesempatan tersebut, Nunik juga melakukan pelepasan armada 1000 tungku dan menyempatkan diri mencoba membuat tungku.

Penulis/Reporter : Eri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *