Terkait Tudingan Serta ‘Silang Sengkarut’ antara Pospera Vs Lukman,Kini Terjawab.

BERITA TERKINI Tulang Bawang Barat

TulangbawangBarat,Terkait adanya pemberitaan beberapa waktu lalu, melalui media onlen yang Ter kesan telah memojokkan Khususnya bagi POSPERA Tubaba, kini mulai terjawab. Meski demikian apakah persoalan itu memuaskan bagi segenap jajaran Pers di wilayah itu?

Diketahui sebelumnya diberitakan bawa terkait dana Pamsimas yang digulirkan pemerintah ke setiap Kampung/Tiyuh, telah membuat kalangan wartawan dari berbagai media cetak/onlen di Tubaba ‘geram’, hal itu disebabkan pemberitaan media..,…….telah menyebutkan bahwa setoran dana Pesimaa 1’5 jt khususnya dari Tiyuh Mulya Jaya melalui oknum Pospera tubaba
Ketua Pospera Tubaba tersebut untuk pengamanan para wartawan/LSM yang ada di Tubaba. Ironisnya akibat pemberitaan tersebut memicu reaksi keras oleh jajaran wartawan se-tubaba, bahkan pengurus PWI setempat Edi Zulkarnain angkat bicara, bahkan berbagai media lainnya menyoroti persoalan tersebut.

-Kini Kepala Tiyuh (Desa) Mulya Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung, Lukman menyampaikan surat pernyataan tertulisnya terkait dugaan pengamanan program pembangunan Pamsimas kepada DPC Pospera Tubaba pada Rabu (10/10/2018)

Surat tersebut menurut Dedi Priyono,SH disampaikan langsung oleh Kepala Tiyuh Mulya Jaya Lukman, kepadanya,Rabu (10/10) sekitara pukul 17.15 Wib.
Berdasarkan penjelasan Dedi (sapaan akrab ketua pospera-red) bahwa Lukman (fihak tiuh-red) menyampaikan maaf tertulis
“Maaf mas, saya sudah buat pernyataan tertulis kemarin setelah saya membaca surat Pospera, dan pemberitaan, hanya saja saya lagi banyak kegiatan, jadi mohon maaf baru bisa saya sampaikan. Ini pernyataan tertulis yang dapat saya pertanggungjawabkan” Kata Lukman kepada Ketua Pospera Tubaba. (Sebagaimana realitanya)

Baca Juga :  Dinsos Tubaba Sosialisasikan Bantuan Non Tunai.

Dalam surat pernyataan Lukman yang ditandatanganinya pada Selasa 9 Oktober 2018 itu menyatakan bahwa, berdasarkan Surat Pospera Tubaba pada Senin 8/10/2018, nomor : 008/A/DPC-Pospera/TBB/X/2018 perihal undangan klaripikasi pemberitaan dimedia Online Newskabarindonesia.com pada 5 Oktober 2018, dengan judul berita “Parah, oknum mengaku anggota pospera dan kepala tiyuh tarik uang pengamanan program Pamsimas” dan berita berjudul “Mencengangkan, uang hasil pungli Pamsimas untuk pengamanan wartawan dan LSM”, Lukman nyatakan secara tertulis kepada Pospera Tubaba bahwa hal itu tidak benar.

*Berikut ini isi Surat Pernyataan Lukman Kepala Tiyuh Mulya Jaya kepada Ketua Pospera Tubaba*
1. Bahwa tuduhan tersebut tidak benar telah malakukan pungutan uang dari program pembangunan Pamsimas 2017 untuk Pengamanan Wartawan dan LSM di Tubaba sebagaimana dalam pemberitaan.

2. Tidak Benar, bahwa saya memerintahkan atau diperintahkan oleh ketua Pospera atau siapapun untuk melakukan pungutan uang dari program pembangunan Pamsimas guna Pengamanan Wartawan dan LSM sebagaimana yang diberitakan oleh media Newskabarindonesia com, sehingga dapat merugikan namabaik organisasi dan nama baik Ketua Pospera Tubaba, serta pihak-pihak lainnya yang diuduhkan.

Baca Juga :  Proyek Jaringan irigasi Milik Pengairan Dinas Provinsi,Diduga Gagal Kontruksi...

3. Bahwa saya tidak pernah dikonfirmasi oleh pihak media Newskabarindonesia.com terkait informasi yang telah diberitakan, dan saya mengangap pemberitaan tersebut tidak berimbang dan tidak benar.

4. Benar bahwa tiyuh di muya jaya juga mendapatkan program pembangunan Pamsimas pada tahun 2017, melalui dinas PUPR Tubaba dan selama ini tidak ada persoalan apapun sehingga pembangunannya dilakukan dengan baik dan memiliki manfaat bagi masyarakat informasi tersebut.

5. Bahwa Surat Pernyataan ini sekaligus merupakan hak jawab atau hak klarifikasi resmi saya atas tuduhan sebagaimana dalam pemberitaan.

6. Informasi sebagaimana dalam pemberitaan, menjadi tanggung jawab sepenuhnya sumber informasi tersebut.

Menyikapi hal itu, Ketua Pospera Tubaba Dedi Priyono.SH yang didampingi oleh Sekretaris Edi Irawan.SH berharap agar insan pers di Tubaba dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional sehingga produk jurnalistik yang dihasilkan terhindar dari pelanggaran ketentuan pers.
“Lukman telah menyampaikan pernyataan tertulis nya kepada Pospera Tubaba, yang intinya informasi itu tidak benar. Ini adalah hak jawab dan klasifikasi kepala Tiyuh Mulya Jaya. Untuk itu kami berharap setiap pemberitaan media harus sesuai kode etik jurnalistik dan mengikuti pedoman pemberitaan media siber agar tidak melanggar ketentuan pers” (Alb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *