LAMPUNGMesuji

BKDD Bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan LPMP

Penalampungnews.com,Mesuji–

Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Bandarlampung dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) In Service Learning IProgram Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS).

Pembukaan dilaksanakan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Lampung, Bandarlampung, Rabu (06/09/2017). Hadir dalam acara Diklat ini diantara BKDD Kabupaten Mesuji Beddi, Kasi Fasilitas Penjamin Mutu Pendidikan LPMP Lampung Elvi Risdalina, dan widyaiswara LPPKS Mulyati.

Diklat tersebut berlangsung pada tanggal 6-12 September 2017 dan diikuti oleh sebanyak 78 guru jenjang SD dan SMP, terdiri atas 30 peserta dari Pemerintah Kabupaten Mesuji dan 48 peserta mandiri.

Dalam sambutan tertulis Bupati Mesuji yang dibacakan Kepala BKDD, mengatakan bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah, guru dapat diberikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah untuk memimpin dan mengelola sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, melalui proses seleksi administrasi dan akademik.

“Bagi guru yang telah lulus seleksi harus mengikuti program pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas dan kompetensi sesuai amanat Pasal 7 ayat (2) Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010. Pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah merupakan kegiatan pemberian pengalaman pembelajaran teoretik maupun praktik yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan pada dimensi-dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial,” terangnya.

Hal ini menurutnya sangat penting, karena seorang kepala sekolah memiliki peran yang strategis dalam peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan. Kepala sekolah juga memiliki peran penting dalam upaya membentuk insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif melalui kesungguhan dan kreativitasnya dalam mengelola sekolah yang menjadi tanggung jawabnya.

“Untuk itu, saya harap kepada seluruh peserta agar mengikuti seluruh kegiatan dengan sebaik-baiknya, sungguh-sungguh, dan penuh tanggung jawab. Karena di tangan Saudara sekalian yang akan menentukan kemajuan pendidikan di Kabupaten Mesuji,” pungkasnya.(Pendi)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button