LAMPUNGPringsewu

BM-PAN Provinsi Lampung Gelar Pendidikan Dasar (Diksar)

[su_animate type=”bounceInDown” duration=”0.5″ delay=”0.5″][su_highlight background=”#cf141c” color=”#f5f2f2″]Penalampungnews.com[/su_highlight] |[/su_animate]

PRINGSEWU-Dewan Pimpinan Wilayah  (DPW) Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM-PAN) Provinsi Lampung menggelar Pendidikan Dasar (Diksar) Baskara angkatan ke-1 berlangsung di Bumi Perkemahan Talang Resort, Pekon Bumirejo, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, pada Sabtu-Minggu (10-11/3).

Kegiatan Diksar Baskara yang diikuti oleh 80 peserta merupakan perwakilan dari Kabupaten Lampung Selatan, Tulang Bawang Barat, Pesawaran, Tanggamus, Bandar Lampung dan Pringsewu sendiri, di mulai Sabtu malam (10/3). Diawali pembekalan pemateri dari Ketua DPW BM PAN Provinsi Lampung Joko Santoso yang memaparkan tentang kepemimpinan, AD/ART dan program kerja terkait internal BM PAN.

Kemudian pada Minggu (11/3) secara lesehan dilanjut pembekalan materi dengan menghadirkan nara sumber dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pringsewu Samsir Kasim, Ketua Karang Taruna Herizon dan dari Komandan Pemadam Kebakaran dari BPBD Pringsewu Thabrani. Agenda diakhiri dengan kegiatan outbond.

Ketua DPW BM PAN Provinsi Lampung Joko Santoso didampingi Ketua DPD BM PAN Pringsewu H.Mailan Bastari menuturkan, agenda Diksar Baskara ke-1 ini untuk yang pertama kalinya di gelar di Provinsi Lampung.

“Untuk yang pertama sengaja kami mengambil tempat di Kabupaten Prongsewu tepatnya di Bumi Perkemahan Talang Resort, Bumirejo. Nanti secara bergilir juga akan kami laksanakan di kabupaten lain,”jelasnya.

Joko Santoso yang juga sebagai Anggota DPRD Provinsi Lampung Sekretaris Komisi II menuturkan bahwa peserta Diksar ini nantinya akan menjadi anggota Satgasnya BM PAN.

“Maka untuk menjadi anggota satgas dibutuhkan orang-orang pilihan, selain pandai, berdedikasi, disiplin serta mempunyai kemampuan fisik yang mumpuni,”ujarnya.

Untuk itu, maka selain diberi pembekalan materi berbagai ilmu pengetahuan juga meteri tentang bagaimana cara mengatasi dan memberi bantuan penanganan pada musibah bencana.

“Maka kami juga lebih banyak memberikan pelatihan dan penggemblengan fisik kepada satgas BM PAN agar siap dan sigap mengatasi segala kemungkinan bencana,”ungkapnya.

Menurutnya hal itu sesua dengan tema kegiatan yakni Baskara siap menjadi garda terdepan bersama rakyat dalam menjaga keutuhan NKRI.”Artinya anggota baskara atau satgas BM PAN siap membantu bahkan siap menjadi garda terdepan membela NKRI dari segala ancaman, terutama saat ini  muncul isu sara yang begitu pesat berkembang. Maka anggota baskara sebagai generasi muda merasa terpanggil untuk siap membela yang benar,” tegasnya.

Anggota DPRD Provinsi Lampung dari Fraksi PAN itu juga menambahkan, nantinya para anggota baskara BM PAN juga akan disiapkan untuk menjadi saksi di setiap TPS pada pelaksanaan Pemilu legislatif 2019 mendatang.”Untuk itu mereka juga kami berikan pembekalan khusus,”imbuhnya.

Sementara itu Kadispora Pringsewu Samsir Kasim mewakili Bupati Sujadi mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan Diksar Baskara angkatan ke-1 yang digelar di Kabupaten Pringsewu. Semoga agenda tersebut dapat bermanfaat, baik bagi anggota sendiri juga Kabupaten Pringsewu, karena mengambil tempat dilokasi destinasi wisata.

Dengan harapan para peserta dari kabupaten/kota lain dapat menginformasikan kepada kerabat lain bahwa di Pringsewu banyak destinasi wisata alam berupa talang air raksasa peninggalan Belanda.”Tolong informasikan kepada masyarakat lain,”pinta Samsir Kasim.

Sedang pemateri dari Ketua Karang Taruna Pringsewu Herizon memaparkan tentang bagaimana mengantisipasi kenakalan remaja dan pergaulan bebas, LGBT dan bahaya narkoba yang saat ini sedang menyerang Bangsa Indonesia.

“intinya kita harus selalu mendekatkan diri kepada Sang Pencipta agar jangan sampai sebagai generasi muda  ikut terjerumus narkoba,”ujarnya.

Hadir pada acara itu Anggota DPRD Pringaewu H.Hartono dari fraksi PAN, Wakil Sekretaris DPW BM  PAN Provinsi Noval A Cahya, Ketua BM PAN Pringsewu H.Mailan Bastari dan Sekretaris Dudi Iskandar. (NA)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button