LAMPUNGMesuji

BUPATI MESUJI KHAMAMI SERIUS TINGKATKAN SDM PEJABA

Mesuji – Penalampung.com
Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara ASN (ASN) tampaknya menjadi salah satu prioritas Bupati Mesuji Khamami, di tahun 2017.

Hal itu, terlihat dari keseriusannya mengirim puluhan pejabat struktural untuk mengikuti Pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklatpim).

Para pejabat yang dikirim mengikuti peningkatan kopetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga  Administrasi Negara (LAN) itu, merupakan pejabat struktural Eselon II, III dan Eselon IV.
“Ada sekitar 60 pejabat kita yang akan mengikuti diklat kepemimpinan dalam tahun ini. Dananyapun telah kita anggarkan,” ujar Khamami, Jumat 31 Maret 2017 kemarin.
Menurut dia, pengiriman para pejabat struktural mengikuti Diklatpim tersebut, sebagai bentuk keseriusannya untuk peningkatkan SDM, dan kopetensi ASN dalam mengemban sebuah jabatan.
Diakuinya SDM pada ASN, yang dimiliki Pemkab Mesuji terbilang rendah. Sehingga perlu adanya upaya serius dalam penguatan sumberdaya, melalui peningkatan kopetensi pejabat.
“Selain lakukan Diklat untuk pejabat struktural, Pemkab Mesuji juga melaksanakan diklat tehnis fungsional kapada para staf di satuan kerja masing-masing,”terangnya.
Untuk itu, diharapkan para pejabat peserta Diklat kepemimpinan, dapat menyerap ilmu pengetahuan sesuai tingkatannya. Seperti pejabat Eselon II, meliputi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Eselon III pejabat Asministrator dan pejabat Eselon IV setara dengan pejabat pengawas.
“Dengan ilmu dan kopetensi yang mereka peroleh dalam Diklat tersebut, nantinya akan berdampak positip. Roda pemerintahan berjalan baik, ditopang kopetensi yang mumpuni dibidangnya,” imbuh Khamami.
Terpisah Ardi Umum, Kabid Pembinaan, Pengembangan dan Mutasi Jabatan, di Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Mesuji menjelaskan ada sebanyak 62 ASN yang akan mengikuti Diklatpim pada 2017 ini.
Mereka merupakan pejabat struktural di Pemkab Mesuji yang terdiri dari 40 PNS Pejabat Eselon IV, 16 PNS Eselon III, dan 6 Pejabat Eselon II.

“Untuk 40 pejabat eselon IV, saat ini tengah mengikuti Diklatpim IV di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Lampung sejak sebulan yang lalu dan akan mengikuti diklat selama tiga bulan,”tambahnya
Sementara dari 16 pejabat Eselon III yang terjadwal, baru tiga orang yang tengah mengikuti Diklatpim TK III. Begitu juga pejabat Eselon II, baru 3 yang diklat dari 6 pejabat yang dianggarkan.
“Semuanya nanti pasti akan diklat kepemimpinan. Hanya saja masih menunggu giliran, jadwal dari lembaga administrasi negara selaku penyelenggara,” tutupnya.(fen)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button