LAMPUNGPesisir Barat

Bupati Pesibar Berharap Aplikasi Sirup Bisa Dipahami

Pesisir Barat Penalampungnews.com Bupati pesisir barat Dr.Drs.Agus Istiqlal,SH.,MH. Yang diwakili oleh Assisten bidang perekonomian, pembangunan dan sumber daya alam Syamsu Hilal,S.Sos Menghadiri acara bimtek sirup bagi pejabat pembuat komitmen kabupaten pesisir barat tahun 2020. Di gedung stit multazam pekon Rawas, kec.pesisir tengah, selasa ( 21/ 1 ).

Turut hadir dalam acara tersebut, narasumber lkpp lampung tengah Hariyanto, pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat administrator di lingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat, serta para peserta bimtek.

Dalam laporan ketua panitia kepala bagian pengadaan barang dan jasa Mizar diyanto,SE.,MP menyampaikan secara umum pengadaan barang dan jasa adalah kegiatan untuk memperoleh barang dan jasa oleh kementrian/lembaga/satuan kerja perangkat daerah yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan sampai diselesaikannya seluruh kegiatan untuk memperoleh barang dan jasa yang dilaksanakan melalui swakelola atau pemilihan, sehingga proses pengadaan dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip yang efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil dan akuntabel.

Selanjutnya Dalam sambutan bupati, sebagaimana instruksi langsung presiden republik indonesia, bahwa percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah harus segera dilakukan dan diikuti dengan pelaksanaan perencanaan yang harus sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari pembangunan tersebut, melalui proses yang dilaksanakan seperti yang tertuang dalam peraturan presiden nomor 16 tahun 2018.

“Dalam pelaksanaan proses perencanaan, lembaga kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah (LKPP) telah mempersiapkan aplikasi sistem informasi rencana umum pengadaan (SIRUP) yang bertujuan untuk mengakomodir semua rencana pengadaan yang telah dipersiapkan oleh pemerintah daerah untuk selanjutnya dilakukan proses pengadaan sesuai dengan jenisnya, baik melalui penyedia ataupun swakelola, “jelas assisten.

Kemudian, secara umum perencanaan pengadaan barang/jasa dilaksanakan oleh pemerintah daerah yang secara khusus dilakukan oleh masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) mulai dari proses input data hingga paket pengadaan tersebut diumumkan.

” Untuk itu diharapkan agar pengguna aplikasi sirup di lingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat memahami tata cara memanfaatkan aplikasi ini sehingga dipandang perlu untuk dilaksanakannya bimbingan teknis ini, dengan bekerjasama dengan narasumber yang berkompetensi khusus dalam bidang ini. ” Ungkapnya

kepada para peserta bimtek dari seluruh OPD yang ada di lingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat, diharapkan untuk dapat benar-benar mengikuti dan mempelajari semua materi yang diberikan oleh narasumber sehingga pada akhir kegiatan ini dapat mengaplikasikannya di OPD masing-masing. Pungkasnya.(Bukhari)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button