LAMPUNGWaykanan

Bupati Way Kanan Hadiri Hari Santri Tahun 2019

Way kanan, penalampungnews.com – Bupati way kanan Hadiri peringatan Hari Santri Tahun 2019 di Aula kecamatan Buay Bahuga Senin malam ( 21/10/2019 )

Bupati way kanan Raden Adipaty Surya pada kesempatan itu menyampaikan, melalui Hari santri mengajak seluruh jajaran aparatur pemerintah kabupaten way kanan dan masyarakat kecamatan Buay Bahuga untuk bersama- sama saling bahu- membahu menghadapi tantangan kedepan dan bersatu padu untuk mewujudkan pembangunan yang lebih baik lagi dan merata diseluruh kabupaten way kanan.
Sejak hari santri ditetapkan pada tahun 2015 , kita selalu menyelenggarakan peringatan setiap tahun nya dengan tema yang berbeda.
Secara berurutan pada tahun 2016 mengusung tema ” Dari pesantren untuk Indonesia” , tahun 2017 ” wajah pesantren wajah Indonesia” , dan tahun 2018 ” Bersama santri Damailah Negri” .
Meneruskan hari santri 2019 mengusung tema ” santri Indonesia untuk perdamaian Dunia” .

Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya adalah laboraturium perdamaian.
Sebagai laboraturium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam.
Rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama.
Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural.
Dengan cara seperti inilah keragaman dapat disikapi dengan bijak serta toleransi dan keadilan dapat terwujud.
Semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi santri untuk berkontribusi merawat perdamaian dunia.

Hal tersebut sejalan dengan bentuk perhatian pemerintah kabupaten way kanan pada sektor keagamaan sebagai upaya pembentukan akhlakul karimah atau akhlak mulia.
Saya sangat yakin bahwa sebuah kemajuan jika tidak diimbangi oleh upaya pembentukan karakter manusia yang dilandasi oleh nilai moral dan keagamaan maka semua kemajuan tersebut tidak akan pernah mampu mencapai derajat kemajuan yang hakiki.
Saya menyadari bahwa apa yang kita lakukan pada hari ini tidak akan mampu merubah secara drastis kondisi akhlak masyarakat, tapi paling tidak melalui kegiatan- kegiatan seperti ini menjadi langkah awal bagi kita untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai islam dalam kehidupan masyarakat.
Khusus dalam pelaksanaan sesuai dengan visi dan misi telah banyak keberhasilan yang telah kita raih.
Keberhasilan ini berkat dukungan dari masyarakat terhadap saya dan Bapak DR.Drs Edwar Antony , MM sebagai Bupati dan Wakil Bupati way kanan.
Keberhasilan kita dalam membangun kabupaten way kanan dibuktikan pada tahun 2018 lebih dari 23 penghargaan yang kita raih.

Pada tahun 2019 ini kembali beberapa program unggulan yang kita laksanakan yang juga meraih sejumlah penghargaan seperti, Bandara Gatot Subroto, pengelolaan kebersihan dan lingkungan diapresiasi dengan penghargaan Adipura Katagori kota kecil, Berhasil menjadi daerah buang air besar ( BAB ) sembarangan , yang ditandai dengan deklarasi Open Free ( ODF ) sekaligus menyerahkan penghargaan sanitasi Total Berbasis masyarakat ( STBM) , pengembangan kopi Robusta putri malu, menerima WTP ke-9 kalinya, penghargaan kabupaten layak anak (KLA ) tingkat pratama, penghargaan sanitasi berbasis masyarakat ( STBM ) berkelanjutan. Pungkas Bupati ( Alting )

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button