LAMPUNGPesisir Barat

Pelantikan Anggota DPRD Pesisir Barat Priode 2019 -2024

Pesisir Barat – Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/ Janji Anggota DPRD massa jabatan 2019-2024, di Gedung Serba Guna Selalaw, Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (19/8).

Turut hadir Kepala pengadilan Negeri liwa, wakil Bupati, Kapolres lambar, Dandim 0422 lambar, Kajari liwa, Plh.Sekda, para OPD, para ketua partai, serta , unsur dari keluarga para anggota Dewan.

Dalam Sambutan Gubernur Lampung yang di sampaikan oleh Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.Agus Istiqlal,SH.,MH Menyampaikan antara lain yaitu
Paripurna DPRD dengan Agenda Khusus Pengucapan Sumpah/ Janji Anggota DPRD Kabupaten Hasil Pemilihan umum tahun 2019, merupakan Puncak dari seluruh rangkaian proses pelaksanaan Pemilihan Umum Anggota DPRD kabupaten yang secara filosofis berkedudukan sebagai suatu sarana demokrasi yang dimaksudkan untuk mempresentasikan kedaulatan rakyat dalam tatanan pemerintahan Negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Pemilihan umum Anggota DPRD, pada Hahekatnya , Merupakan manifestasi dari konsensus nasional yang telah dikodifikasikan dalam Hukum Dasar Negara, yakni Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Untuk itu dalam kesempatan yang berbahagia ini, pemerintah menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Lampung yang telah menggunakan hak konstitusionalnya di dalam pemungutan suara pada tanggal 17 April 2019 yang lalu. Ucapan terima kasih patut pula dialamatkan untuk seluruh jenjang KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara dan pengawas pemilu, partai- partai Politik beserta segenap partisipan calon Anggota Legislatif, serta unsur keamanan dari TNI/ POLRI, yang Kesemuanya Telah Bersama- sama seluruh komponen bangsa turut menjaga pelaksanaan pemilu dalam nuansa yang demokratis, lancar dan damai.

Selanjutnya dalam UU nomor 9 Tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah menyebutkan, DPRD bersama dengan Gubernur/ Bupati/ Walikota dan perangkat daerah adalah unsur penyelenggara pemerintahan Daerah.
Karena itu penting artinya setiap anggota DPRD mengetahui, memahami, dan mampu menjalankan tugas dan fungsinya itu sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

Sebagaimana telah diatur dalam UU Nomor 42 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD terdapat 3 fungsi yang dimiliki oleh DPRD yakni Fungsi Legislasi, Fungsi Anggaran dan Fungsi Pengawasan. Artinya bersama dengan unsur penyelenggara pemerintahan daerah lainnya setiap anggota DPRD Kabupaten / kota diharapkan mampu menggagas, mengawal Pembangunan daerah, dan melakukan pengawasan, dengan satu tekad membangun untuk kesejahteraan rakyat.

Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung tahun 2019 – 2024 telah berkomitmen untuk mencapai visi Rakyat Lampung Berjaya dengan fokus pembangunan bidang pendidikan, kesehatan, kepemerintahan yang bersih dan amanah, pembangunan infrastruktur, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan kaum difabel, energi, pertanian, perdesaan dan perkotaan, dan pembangunan berkelanjutan.

Untuk itu, saya mengajak kita semua anggota DPRD Kabupaten Kota untuk bersama sama kita bergandengan tangan dan merapatkan barisan guna menjawab kebutuhan dan harapan masyarakat untuk Lampung yang lebih aman, berbudaya sejahtera dan berdaya saing. Mari kita Niatkan masa bakti kita selama lima tahun ini sebagai ibadah kepada tuhan YME dan bakti kepada masyarakat Lampung khusus Pesisir Barat. (Bukhari.A).

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button