LAMPUNGTulang Bawang Barat

Sigmatank Ala Tubaba

Tulang Bawang Barat, – 
Di Kabupaten Tulangbawang Barat hususnya dipinggiran Taman Islamic Senter, saat ini sedang giatnya dilakukan pembenahan aliran air (drainase ala Tubaba). Aliran penyerapan air yang memiliki panjang sekitar 500 an meter tersebut,cukup menjadi perhatian warga masyarakat sekitarnya, karena menggunakan bahan Sigmatank .
Baharudin akabid Bina Marga menegaskan kepada sejumlah media dilokasi pembuatan sigmateng bahwa, pada dasarnya pembuatan serapan air yang saat ini dianggap berbeda /dianggap asing tersebut,sesungguhnya telah banyak digunakan oleh daerah lainnya,termasuk di kota-kota besar,bahkan di areal Bandara pun telah menggunakan teori penyerapan menggunakan Sigma ini”bagi kita memang mungkin masih asing,namun sesungguhnya di berbagai kota besar serta Bandarapun banyak menggunakan/menerapkan sistim sigmatenk” tegas Bahar.

Pekerjaan yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tulangbawang Barat tersebut, merupakan bangunan drainase menggunakan material Sigma Tank dan Geo Tekstil yang dibangunkan di jalan samping Islamic Center menuju Hotel Berugo sepanjang 500 an meter.
drainase juga berfungsi sebagai resapan air.”Pemasangannya, Sigma Tank dibungkus dengan geo tekstil dan di siram pasir dengan ketebalan 3 cm sampai 5 cm baru kemudian ditimbun dengan tanah hingga rata dengan permukaan. Sehingga bangunan rata dan dapat ditanami rumput penghijau.
Ujar Baharudin.

Menurut Bahar, material Sigma Tank yang terbuat dari plastik tersebut mampu menopang beban hingga 13 tonan, bahkan mampu bertahan lama. “Kita terapkan drainase ini untuk menyatukan dengan Taman Islamic Center sehingga lebih indah dan nyaman. Urainya.

Penerapan bangunan drainase dalam ini mencontoh bangunan yang berada di Jawa Barat (Jabar) hasil kunjungan Dinas PUPR bersama bupati beberapa waktu lalu.”Menurut perusahaan pembuat, drainase menggunakan Sigma Tank ini sudah diterapkan di bangunan-bangunan bertingkat seperti hotel, Stadion Glora Bung Karno (GBK), dan di Lampung sudah di terapkan di Bandara Raden inten II,” ujarnya lagi.

Lebih jauh Baharuddin menambahkan, pembangunan ini juga salah satu persiapan Pemkab Tubaba menghadapi MTQ ke-47 Tingkat Provinsi Lampung yang akan di Laksanakan April 2019 mendatang,di Tubaba. (Alb)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button