LAMPUNGPesisir Barat

Untuk Mencegah DBD, Bupati Pesibar Berikan Bantuan Kelambu Untuk Kecamatan Pesisir Selatan

Pesisit Barat, Penalampungnews.com – Pemerintah kabupaten Pesisir Barat Melalui Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, SH., MH menyerahkan langsung bantuan kelambu orang dewasa secara simbolis di pekon Tanjung jati, pekon Biha, pekon Bangun Negara, Jum’at 24 Juli 2020.

Penyerahan kelambu orang dewasa di serahkan langsung kepada Warga setempat didampingi staf ahli, asisten bidang pembangunan perekonomian dan sumber daya alam, TNI dan Polri, kepala DMPTSP Drs. Jon Edwar, M. Pd, kepala dinas sosial Agus Triadi, S. Sos., MM, kepala Dinas Kominfo Drs. Miswandi Hasan, M.Si, Camat Pesisir Selatan Aliyudin, S. Pd., MM.

Diketahui, penyakit malaria adalah penyakit serius yang ditularkan melalui gigitan nyamuk anopheles. Penyakit ini dapat menular dan menyerang semua golongan umur yaitu bayi, anak-anak dan dewasa. malaria juga sangat membahayakan ibu hamil, karena mengakibatkan anemia, keguguran, bayi lahir mati, berat badan bayi lahir rendah dan kematian ibu.

pemerintah kabupaten Pesisir Barat berupaya melakukan Eliminasi malaria untuk menghentikan penularan malaria. sehubungan dengan itu, untuk mempercepat eliminasi malaria di tahun 2020 ini, pemerintah melalui dinas kesehatan akan mendistribusikan kelambu anti nyamuk secara massal.

Hadirin yang saya hormati,
sebanyak tiga ribu empat ratus delapan puluh lima (3.485) kelambu akan disalurkan untuk seribu empat ratus tiga puluh (1.430) kk di kecamatan pesisir selatan.

Beberapa pekon yang manjadi sasaran pendistribusian kelambu di Kecamatan Pesisir Selatan, sebanyak 3.319 kelambu orang dewasa yaitu:

Di Pekon Tanjung Jati, mendapat dua ratus sembilan belas (219) kelambu untuk sembilan puluh (90) KK, Pekon Bangun Negara mendapat seribu dua ratus sembilan puluh enam (1.296) kelambu untuk lima ratus empat puluh (540) KK, Pekon Biha mendapat seribu sembilan ratus tujuh puluh (1.970) kelambu untuk delapan ratus (800) kk.

Bupati juga menyampaikan bahwasanya, kelambu anti nyamuk ini dapat mencegah terjadinya penyakit malaria di kabupaten pesisir barat.

Bupati berharap, pendistribusian kelambu ini dapat tersalurkan dengan tepat sasaran dan saya juga menghimbau, kepada Masyarakat agar dapat melakukan pencegahan penyakit malaria mulai dari diri sendiri. Yaitu menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk atau lotion anti nyamuk, mencegah nyamuk berkembang dengan menyingkirkan genangan air di sekitar rumah, rajin menguras bak mandi serta biasakan hidup rapi dan bersih “Ajak Bupati.

Selanjutnya pada kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, pemberian bantuan kelambu orang dewasa berdasarkan yang ada kasus, masih edemis malaria menuju eliminasi Malari 2035 diharapkan kedepannya masyarakat Indonesia tidak ada kasus malaria lagi.(Bukhari)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button