LAMPUNGLampung Timur

Vestifal kuda lumping sekampung di padati ribuan pengunjung 

[su_animate][su_label type=”success”]Penalampungnews.com | Penulis Terpercaya[/su_label][/su_animate]
Lampung Timur|Kuda Lumping  atau ada yang menyebutnya Jaranan, jatilan atau Kuda kepang merupakan seni budaya  berasal dari tanah Jawa yang paling banyak di gandrungi di beberapa Daerah.

Begitu juga di kabupaten Lampung Timur rata – rata setiap desa memiliki 4 atau lebih group Kuda Lumping yang bila di kalkulasikan ada lebih dari 1.000 group di Kabupaten Lampung Timur.

Untuk melestarikan dan begitu besarnya Animo masyarakat dengan seni budaya ini Pemerintah daerah Lampung Timur memasukannya dalam rangkaian 101  Festival yang ada di Lampung Timur.

Seperti yang terlihat hari ini di lapangan Merdeka kecamatan Sekampung, Senin (23/07/18), Ribuan masyarakat tumpah ruah untuk menyaksikan penampilan  Kuda lumping se Lamtim dengan berbagai Aksi dan Kreasi dalam event Festival Kuda Lumping (FKL) 2018.

FKL 2018 yang di buka oleh Bupati Lamtim Chusnunia Chalim yang di wakili oleh  Staf Ahli  DR.H.David Arisandi.ST.MM yang juga di hadiri oleh Kadis Sosial M.Yunus,Kadis Pariwisata Almaturidi, Skpd,Camat Sekampung Suparman beserta Jajaran,para kepala desa dan tak ketinggalan  para komunitas dan pecinta Kuda Lumping.

Dalam Sambutannya Bupati Lampung timur menyampaikan Apresiasinya atas terselenggaranya Acara ini karena ini merupakan salah satu bukti nyata untuk menjaga kelestarian seni dan budaya yang ada di Lampung Timur.

,”perlu di ketahui bahwa seni Kuda Lumping hanya di iringi alat musik tradisioanl seperti Gamelan Pelok dan slendro, gong, kenong, kendang, terompet dan lainnya, sedangkan untuk Jenis Topeng terdiri dari Bujang Ganong lalu jenis Barong terdiri dari Kucingan, barongan dan lain lain,”jelasnya

Camat Sekampung sangat berterimakasih atas dukungan dan suppport untuk berbagai elemen, dan tak lupa untuk masyarakat yang ikut meriahkan acara vestifal kuda lumping di sekampung.

Suparman mengatakan,”saya sangat berterima kasih sekali yang sudah mendukung acara ini, baik kepada panitia penyelenggara, ataupun berbagai elemen yang terlibat di dalamnya, dan saya juga sangat terima kasih kepada semua lapisan masyarakat yang ikut meriahkan acara ini,”ujar Camat Sekampung

Dalam Festival Kuda Lumping Tersebut juga di tampilkan Tarian tarian Budaya yang telah di kreasi sedemikian rupa  hingga para pengunjung bersorak sorai tanpa menghiraukan cuaca yang memang agak terik.

Di akhir acara Pemerintah daerah Kabupaten Lampung Timur  memberikan Hadiah kepada para Juara dan juga uang pembinaan untuk memotivasi para pecinta Seni Kuda Lumping.

Penulis/Reporter : Eri

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button