BERITA TERKINILAMPUNGWaykanan

Bupati Way Kanan Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Dalam Rangka HUT RI Ke-77 Tahun 2022

Way Kanan, (Penalampungnews.com), Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Dalam Rangka HUT RI Ke-77 Tahun 2022 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Way Kanan, Selasa (16/08/2022).

Tampak Hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Sekretaris DRPD, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Kepala Bagian Setdakab, Direktur RSUD ZAPA, Instansi Vertikal, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Dessy Afriyanti Adipati, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny. Vorian Melita Saipul.

Presiden Ir. H. Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya menyampaikan terkait Laporan Kinerja Lembaga-lembaga Negara dan terkait HUT Ke-77 Kemerdekaan RI. Pada sidang yang berlangsung secara hybrid tersebut dibuka oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, dan dihadiri para Pimpinan dan Anggota DPR RI, MPR RI dan DPD RI. Presiden yang mengenakan Baju Paksian berwarna hijau bermotif “pucuk rebung” berasal dari Provinsi Bangka Belitung, mengatakan bahwa krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih, begitu juga dengan peekonomian dunia yang belum sepenuhnya bangkit. 107 Negara terdampak krisis, bahkan diantaranya diperkirakan jatuh bangkrut, hal ini merupakan ujian bagi dunia tersebut yang juga tidak muda bagi Indonesia.

Presiden menjelaskan inflasi yang berhasil dikendalikan yaitu pada kisaran 4,9%, dimana angka tersebut jauh dibawah inflasi Negara-Negara Maju yang berada disekitar 9%. Bahkan, APBN sampai pertengahan tahun 2022 mengalami surplus sebesar Rp 106 Triliun. Pada kuartal II pun ekonomi berhasil tumbuh positif mencapai 5,44%. Yang menurut Presiden, capaian tersebut patut disyukuri karena fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah perekonomian dunia yang sedangn bergejolak. Namun Presiden juga mengingatkan untuk tetap waspada dan harus berhati-hati, karena disisi lain agenda-agenda besar Bangsa harus dilanjutkan untuk meraih Indonesia Maju.

Untuk membangun Indonesia, mengebutkan ada empat kekuatan besar yang harus dimiliki Bangsa, yaitu pertama Mengelola pandemi dengan baik agar kelak mampu mengelola agenda besar lainnya dengan baik pula, Kedua yaitu Mengelola secara bijak dan berkelanjutan SDA yang melimpah dengan wilayah Indonesia yang luas serta keanekaragaman hayati terkaya di dunia, Ketiga yaitu Bonus demografi yang akan menjadi motor penggerak perekonomian Nasional dalam menghadapi kompetensi global, Keempat yaitu Kepercayaan internasional yang meningkat tajam, selain dipercaya PBB sebagai Champions dari Global Crisis Response Group untuk penanganan krisis global, Tahun ini Indonesia juga menjadi Presidensi G20, Organisasi 20 Negara Ekonomi Terbesar di dunia serta Tahun depan akan menjadi Ketua ASEAN yang artinya Indonesia berada dipuncak kepemimpinan global dan memperoleh kesempatan besar untuk membangun kerjasama internasional. (Alting)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button