BERITA TERKINILAMPUNGLampung Timur

Chusnunia : kita serius mempromosikan dan mempertahankan kebudayaan di Lamtim, Tari Melinting sudah sampai di Eropa (Jerman)…

Dokumentasi istimewa…

Penalampungnews.com,Lamtim-

“Kalau bukan kita siapa lagi, kalau tidak sekarang kapan lagi kita melestarikan adat budaya kita,” ungkap Bupati Lampung Timur, Chusnunia pada gelaran Festival Tari Melinting di Lapangan Merdeka Kecamatan Melinting, Sabtu (23/09/2017).

Festival Tari Melinting yang merupakan salah satu rangkaian dari agenda Kalender Wisata Kabupaten Lampung Timur Tahun 2017 selain dimeriahkan dengan Lomba Tari Melinting yang diikuti oleh peserta dari seluruh kecamatan se Kabupaten Lampung Timur juga menerjunkan kurang lebih sepuluh ribu penari untuk melakukan Tari Cetik Kipas Melinting (Tari Melinting) secara bersama sama.

Diutarakan oleh Bupati Lampung Timur bahwa “Tari  Melinting adalah budaya lokal yang harus kita pertahankan dari generasi ke generasi jangan sampai hanya menjadi cerita diatas buku yang usang bahwa dulu pernah ada Tari Melinting. Maka, untuk tidak hanya menjadi cerita kita harus lestarikan,” cetus Chusnunia dihadapan para peserta yang hadir pada Festival Tari Melinting.

Disampaikan juga pada kesempatan itu oleh Chusnunia bahwa sebagai pemimpin di Lampung Timur tidak henti hentinya dan tidak pernah putus asa dalam hal mempromosikan budaya Lampung Timur.

“Tari Melinting sudah sampai ke Eropa (Jerman) dan sudah kemana mana, karena kita serius mempromosikan dan mempertahankan budayaan di Lampung Timur ini,” ungkap perempuan yang akrab disapa dengan Mbak Nunik itu.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera mengatakan bahwa “Festival Tari Melinting ini merupakan bagian dari program kerja ibu bupati dalam rangka meningkatkan pariwisata sekaligus melestarikan adat budaya.”

“Dan nilai yang dapat kita ambil adalah bahwa beliau memiliki komitmen yang kuat  terhadap pelestarian adat budaya khususnya dalam bidang kesenian.”

“Dan saya juga merasa bangga karena Tari Melinting ini sudah ditampilkan di Eropa khususnya Hamburg, Jerman dan cukup mendapatkan antusiasme yang tinggi dari Pemerintah Jerman sendiri pada waktu itu,” tambah Syahrudin.

Dalam gelaran Festival Tari Melinting Chusnunia dengan didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, Pabung Komando Distrik Militer 0411/LT, Mayor Joko Subroto, Sultan Keratuan Melinting, Rizal Ismail, melakukan Tari Cetik Kipas Melinting dengan diikuti oleh kurang lebih sepuluh ribu penari yang terdiri dari pelajar SD, SMP, SMA, kelompok dasa wisma, tim penggerak PKK, Penyimbang Adat Tokoh Melinting dan unsur jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Timur.(Eri)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button