BERITA TERKINILAMPUNGTulang Bawang Barat

Dalam Rangka Tingkatkan Proses Belajar Berkualitas, Disdikbud Tubaba Gelar Kegiatan PKG

Tulangbawang Barat,penalampungnews.com
Lingkungan belajar yang berkualitas merupakan salah satu Elemen Penting dalam kerangka Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berkualitas, Beberapa faktor kunci yang menunjang hadirnya lingkungan belajar berkualitas. Diantaranya adalah proses pembelajaran dan pengelolaan yang baik.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) melakukan Pusat Kegiatan Gugus (PKG) dihadiri 22 peserta dari semua kecamatan dan Organisasi Mitra PAUD, Kegiatan digelar diwisma Wayan Tiyuh/Desa Tirta makmur, Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Dikatakan Budiman Jaya, Kadisdikbud Tubaba, Bahwasannya salah satu Proses pembelajaran secara umum merujuk pada kapasitas satuan merencanakan kegiatan pembelajaran dengan baik, Maka hari ini kita melakukan kegiatan PKG yang berinteraksi langsung dengan guru dan anak yang bertujuan positif.

Sehingga rujuan pembelajaran yang berpusat pada anak, kegiatan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna, serta penggunaan asesmen yang selalu bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya.

“Pengelolaan secara umum merujuk pada kemampuan satuan bermitra dengan keluarga serta masyarakat, melakukan kapasitas perencanaan dan akuntabilitas pembiayaan, menghadirkan lingkungan belajar yang aman, dan inklusif, serta mendorong peningkatan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan,”Terang Budiman jaya, Rabu (5/20/2022).

lebih lanjut disampikan Budiman jaya, Dalam upaya mewujudkan lingkungan belajar yang berkualitas memerlukan perencanaan yang didasarkan pada kemampuan satuan melakukan evaluasi diri, mencari akar permasalahan, identifikasi aspek layanan yang ingin dikuatkan serta rangkaian kegiatan dan sumber daya dibutuhkan untuk memenuhi perencanaan berbasis data.

Maka dari itu, melalui proses ini harapan untuk satuan PAUD dapat terus meningkatkan kualitas layanannya sehingga Perencanaan berbasis data yang dilakukan oleh Satuan PAUD merupakan bagian dari proses evaluasi sistem pendidikan untuk meningkatkan mutu layanan Pendidikan di Satuan PAUD.

” Intervensi kepada pendidik dan tenaga kependidikan dapat dilaksanakan melalui Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD dan Organisasi Mitra,” Jelas Budiman jaya.

Untuk kita ketahui bersana, Program PKG PAUD dan Mitra sangatlah strategis dalam menjangkau hingga ke tingkat satuan, dan merupakan bentuk perwujudan pendampingan berjenjang berbasis ekosistem (dari pusat, daerah,
kecamatan hingga ke satuan) Keaktifan PKG PAUD diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan PAUD di masing-masing wilayah.

Selain itu juga, PKG juga diharapkan dapat secara aktif menjadi wadah pendidik dan tenaga kependidikan untuk belajar bersama rekan sejawatnya, utamanya dalam memahami hakikat lingkungan belajar berkualitas sehingga Perencanaan berbasis data juga akan memudahkan Pemerintah Daerah, dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten, dalam bersinergi dengan pemerintah pusat dan masyarakat untuk menguatkan penyelenggaraan layanan PAUD di wilayahnya.

“Saat ini pemahaman Dinas Pendidikan mengenai penyusunan dokumen perencanaan berbasis data dan penganggaran untuk dapat memenuhi target kinerja yang ada diprofil pendidikan masih belum optimal.Untuk itu, di tahun 2022 dirancang program perencanaan berbasis data (PBD) yang bertujuan mendampingi dinas pendidikan, utamanya bidang yang menangani PAUD,” Beber Budiman.

Agar dapat melaksanakan perencanaan berbasis data dalam mencapai berbagai target kinerja akses dan kualitas yang tertuang di Standar Pelayanan Minimal, Renstra, strategi terkait PAUD dan menguatkan peran dinas pendidikan dalam menggerakkan komunitas untuk mendampingi satuan PAUD sehingga satuan PAUD dapat melakukan perencanaan berbasis data dalam rangka menghadirkan lingkungan belajar berkualitas.

Kegiatan ini diharapkan dapat menguatkan pencapaian tujuan ,kedua dalam program tersebut sehingga tercipta Peningkatan kualitas lingkungan belajar di satuan PAUD. Diharapkan kepada peserta dapat mengikuti kegiatan ini.Harapnya.(Alb)

Klik Gambar

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button