BERITA TERKINILAMPUNGLampung Selatan

Harapan Ruang Cipta Karya Seni di Lampung Selatan Dalam Menunjang Ekonomi Pariwisata

Lampung Selatan – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, hendaknya memberdayakan para seniman di daerahnya untuk mengisi pembangunan di kabupaten Lampung Selatan.

Sanggar Pagar Lampung di Desa Talang Jawa Kec.Merbaumataram melesatarikan seni budaya lampung dengan pembinaan kesenian di sekolah (foto :Aka Prayudi Sior)

Setidaknya para seniman diberikan ruang untuk berkarya dan menularkan ilmunya kegenerasi muda untuk kesinambungan seni budaya itu sendiri.

“Misalnya memanfaatkan ruang ekstra kulikuler di sekolah-sekolah,” ujar Rudi Suhaimi Kalianda, seniman asal Kalianda yang di percaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) mengajarkan seni sastra ke sekolah-sekolah di Lamsel.

Untuk GSMS 2018, Rudi Suhaimi Kalianda, sang penulis buku Dongeng Dari Kalianda dan Raden Intan II, mengajar di SMAN 1 Palas.

Rudi Suhaimi Kalianda, yakin di Lampung Selatan banyak bertebaran seniman dari berbagai disiplin karya, baik itu dari produk akademik maupun autodidak.

“Sayangkan kalau dibiarkan, beri ruang untuk cipta karya, karena seni juga prestasi yang bisa bawa harum daerah dan negeri,” tambah Rudi Suhaimi Kalianda, senior jurnalis yang juga direktur Radio Pemkab Lamsel Dimensi Baru FM 93. “Wadah yang paling tepat adalah revitalisasi dewan kesenian Lampung Selatan (DKLS), dan sanggar-sanggar seni budaya yang ada di kabupaten gerbang Sumatera,” ujar RSK sang penyair penjaga gerbang.

Rudi Suhaimi menambahkan, dari tinjauan geografis, Lampung Selatan kaya potensi wisata, meski belum tergarap optimal, kondisi itu bisa ditunjang dengan adanya kegiatan-kegiatan seni budaya di kabupaten itu.

“Masyarakat Lamsel itu plural, keberagaman itu merupakan modal dasar dan kekuatan yang sangat besar bagi tumbuh kembangkan seni budaya yang bersandingan dengan pariwisata,” ujar Rudi Suhaimi Kalianda.

Harapan yang sama juga disampaikan Seni Riyanti,pengurus Sanggar Pagar Lampung,dirinya menuturkan,ditengah Pergerakan Kemajuan Peradaban dan Kecanggihan Teknologi Kesenian,adat istiadat dan Kultur Budaya kadang terlupakan.

Pembinaan dan membangun Komunitas Kesenian sangatlah perlu dilakukan Pemerintah Daerah Lampung Selatan dalam menggali Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki Motivasi kerja tinggi, kreatifitas dan inovasi tinggi,dan berani bersaing berkompetisi.

“Dengan melakukan pembinaan dan membangun Komunitas seni serta seiring pengembangan pariwisata yang ada, diharapkan menjadi penunjang ekonomi pariwisata di Lampung Selatan”tuturnya.

Pelapor/Penulis: Aka Prayudi Sior

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button