Aspirasi PublikBERITA TERKINILAMPUNGLampung Timur

IWO Lamtim Bekali 83 Siswa SMK PGRI Pasir Sakti Ilmu Jurnalis

LAMPUNG TIMUR – IWO Kabupaten Lampung Timur melalui Sekolah Jurnalistik Ikatan Wartawan Online / SEJIWO membekali siswa SMK PGRI Pasir Sakti Ilmu Jurnalistik.

83 murid mendapat arahan tentang jurnalis

Pembekalan ilmu jurnalistik kepada 83 siswa SMK PGRI Pasir Sakti ini berlangsung di sekolah setempat, Desa Pulosari Kecamatan Pasir Sakti Lampung Timur, Sabtu (27/10).

Anggota IWO membimbing siswa yang sedang mencari narasumber ( foto : Eri )

Kepala Sekolah SMK PGRI Pasir Sakti Eko Budi Santoso menyatakan menyambut baik kegiatan Sejiwo di sekolahnya dan mengharapkan kerjasama baik ini bisa dilanjutkan berkesinambungan.

Eko mengatakan pembekalan ilmu jurnalistik kepada siswanya merupakan kerjasama pihak sekolah dengan organisasi profesi wartawan IWO Lampung Timur.

Menurut Eko, sekolahnya adalah pihak yang pertama bekerjasama dengan IWO Lampung Timur dalam hal pembelajaran ilmu jurnalistik kepada siswa.

“Sekolah kita adalah yang perdana dan ini rintisan menerima ilmu jurnalistik dari sekolah jurnalistik IWO, ” ujarnya.

Eko Budi Santoso menjelaskan kegiatan tersebut merupakan kegiatan sekolahnya dan maksud diadakan kegiatan itu agar siswa tahu ilmu jurnalistik sehingga siswa mampu menerapkanya di sekolah dalam bentuk karya.

Kepada siswa, eko berharap kegiatan diikuti dengan baik.

“Kita tidak pernah tahu nanti kedepan mau jadi apa, dengan belajar ilmu jurnalistik ini suatu saat pasti akan bermanfaat, ” ujarnya.

Menurut Eko kepada siswa, tidak ada ruginya mengikuti kegiatan semacam ini, karena setiap ilmu yang diterima akan bermanfaat suatu saat kelak.

Dia mencontohkan sewaktu masih sekolah kerap mengikuti kegiatan dan manfaatnya dirasakan setelah dia lulus dan dewasa.

Pemateri pada kegiatan tersebut adalah Edi Arsadad Ketua IWO Lampung Timur dan Nurman Agung Bendahara.

Selama berlangsungnya kegiatan , sesi pertama para siswa diberi pemahaman apa itu ilmu jurnalistik dan siapa orang yang melakukan kegiatan jurnalistik.

Siswa diajarkan dasar-dasar jurnalistik dan bagaimana menyusun karya jurnalistik yang harus memenuhi unsur pokok berita yakni 5W1H.

Sesi kedua siswa diajak praktek lapangan dan mereka diminta menyusun berita dan karyanya nanti akan dipilih yang terbaik.

Sesi ketiga siswa diberi pembekalan bermedia sosial yang baik.

Usai kegiatan oleh IWO Lampung Timur siswa akan diberi piagam telah mengikuti sekolah jurnalistik.

Ketua IWO Lampung Timur Edi Arsadad mengatakan kegiatan di SMK PGRI Pasir Sakti tersebut bagian dari peluncuran Sejiwo di Kabupaten Lampung Timur.

Edi menyatakan adanya Sejiwo di Lampung Timur sebagai tempat belajar para anggotanya dan sekaligus sebagai sarana belajar masyarakat umum yang ingin belajar ilmu jurnalistik.

Penulis/Reporter : Eri

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button