BERITA TERKINILAMPUNGTulang Bawang

Jalak Sakti Ledakkan Bom Di Tulang Bawang

 Penalampungnews.com ,Tulang Bawang – manuver lapangan latihan tempur jalak sakti tingkat nasional yang di adakan oleh pangkalan TNI AU Pangeran M Bun Yamin. Tulang bawang, Lampung, Selasa 23 mei 2017.
Teriakan penonton dan tamu undangan pecah ketika radius getaran yang di hasilkan oleh ledakan bom terasa sampai ke tribun utama panggung para tamu undangan yang jaraknya mencapai 5 KM lebih.
Panglima Komando Operasi TNI AU 1 (Pangkoopsau 1) Marsekal Muda TNI AU, Imran Baidirus, SE. selaku pimpinan umum latihan jalak sakti dalam jumpa pers mengatakan, tujuan di adakan latihan jalak sakti ini untuk meningkatkan dan menguji kemampuan kotama TNI AU dalam merencanakan, melaksanakan serta mengendalikan mekanisme kegiatan guna menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi serta mengasah kemampuan tempur prajurit.
Imran Baidirus mengatakan Saya sangat puas dengan hasil latihan kali ini, karena dengan latihan ini kita semua bisa melihat kehebatan pesawat, kecanggihan alutsista serta kemampuan dari para prajurit, dimana kita saksikan bersama semua target yang di tentukan bisa hancur luluh lantah, Ini menunjukan profesionalisme dari tiap anggota yang terlibat, dan dia mengatakan
Rangkaian acara latihan tempur tersebut di tutup dengan atraksi terjun payung dari 400 penerjun lebih prajurit TNI AU menghiasi langit tulang bawang yang sekilas dilihat seperti hujan manusia.
Adapun rangkaian, bentuk latihan dan kekuatan yang dilibatkan dalam latihan jalak sakti kali ini, lanjut Imran Baidirus,  yakni, mulai dari gladi posko, tactical air manuvering game (TAMG), manuver lapangan, galdi posko.
“Untuk kekuatan serta jumlah pesawat yang dilibatkan berjumlah 31 pesawat dengan dislokasi antara lain 6 pesawat HWK SKADUD 12, 5 pesawat HWK  SKADUD 1, 1 pesawat SA-332, 3 pesawat C-130 H/HS, 3 pesawat CN-235, 3 pesawat CN-295, 4 pesawat SA-330/NAS-332, 6 pesawat SET JM, 2 DEN HND, 10 pesawat PCK QW-3 dengan kekuatan 1 tim BRAVO, 2 tim SARPUR, 1 tim DALPUR, 1 tim DALLAN, 3 tim YON SATPUR total keseluruhan berjumlah 1.153 prajurit, ujar Imran Baidirus.
Yang menghadiri acara tersebut Forkopimda Provinsi lampung, Dandim 0426 Tuba, mantan bupati Tulangbawang 2 periode, DR. H. Abdurachman Sarbini, Bupati Tulang Bawang, Ir. H. Hanan A. Rozak, MS., serta para pejabat esellon 2 Kabupaten Tulang Bawang.
pembuatan perencanaan serta pengujian rencana operasi ini yang dilaksanakan oleh unsur-unsur Satuan Lanud-Lanud Jajaran Koopsau I yang terlibat dalam Latihan Jalak Sakti 2017 yang meliputi unsur tempur dari Lanud Supadio dan Lanud Roesmin Nurjadin, unsur Intai, unsur angkut C-130 Hercules dari Skadron 31 Lanud Halim Perdana Kusuma dan unsur Pasukan Khas TNI AU serta unsur-unsur lainnya dengan menggelar Latihan Tactical Floor Game (TFG) dan Tactical Air Maneuvering Game (TAMG), di Gedung Serba Guna Makoopsau I, Jakarta, Jumat (12/5) lalu.
Kegiatan diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Kepala Staf Koopsau I, Marsekal Pertama Fahri Adamy, S.E mewakili Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Imran Baidirus, S.E selaku Pimpinan Umum Latihan, didampingi Asops Kaskoopsau I Kolonel Pnb Samsul Rizal selaku Dirlat dan dihadiri pula oleh para Asisten, serta Komandan unsur latihan dan awak pesawat yang terlibat dalam kegiatan latihan.
TFG dan TAMG adalah latihan aktual dalam memberikan gambaran dari keseluruhan tahapan dan gerakan pasukan ke daerah sasaran pada saat gladi lapangan.
Pada TFG dan TAMG diperankan oleh masing-masing unsur yang terlibat, seperti pergerakan pesawat-pesawat dari pangkalan yang berbeda dan pasukan sesuai dengan time over target (TOT) sebenarnya.
Didepan para unsur latihan Kepala Staf Koopsau I juga mengingatkan agar selalu “Laksanakan yang sudah direncanakan, serta Utamakan selalu Safety disetiap tindakan. Lakukan selalu pengecekan disetiap akan bertindak dan setelah pelaksanaan”.
Latihan yang digelar sejak tanggal 10 Mei 2017 dimulai dengan gladi posko dan melibatkan kekuatan personel dan alutsista TNI AU di bawah jajaran Koopsau I ini, dalam upaya mencapai tingkat kesiapan operasional yang tinggi bagi satuan-satuan yang ada serta dalam rangka pembinaan profesionalisme para awak pesawat dan pasukan yang terlibat dan akan dilanjutkan Manuver Lapangan (Manlap) yang dilaksanakan di Lanud M. Bunyamin-Lampung pada tanggal 21-23 Mei 2017.
Pewarta  :  sahdan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button