ADVERTORIALAspirasi PublikBerita Media GlobalBERITA TERKINIHistoryIKLANKabar DesaKABIRO PENA LAMPUNGLAMPUNGTulang Bawang

Kampung Kecubung Mulya Lakukan Berbagai Upaya Dalam Rangka Melayani Masyarakat Dan Pembangunan.

Kampung Kecubung Mulya Lakukan Berbagai Upaya Dalam Rangka Melayani Masyarakat Dan Pembangunan.

Penalampungnews.com

Tulang Bawang – Alokasi Dana Desa adalah, anggaran keuangan yang diberikan pemerintah kepada desa, yang mana sumbernya berasal dari Bagi Hasil Pajak Daerah serta dari Dana Perimbangan Keuangan Pusat Dan Daerah yang diterima oleh kabupaten. Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 37 tahun 2007 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa di dalam Pasal 18 menyatakan bahwa, “Alokasi Dana Desa berasal dari APBD Kabupaten / Kota yang bersumber dari Dana Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten / Kota untuk desa paling sedikit 10 % (sepuluh persen).

Sedangkan Dana desa adalah, dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa, yang ditransfer melalui anggaran belanja daerah kabupaten/kota. Dana ini digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat desa. Dana desa di alokasikan dari APBN berdasarkan Pasal 72 Ayat 1 Huruf b UU No 6/2014 tentang Desa.

Tujuan pemerintahan Pusat memberikan Dana Desa pada prinsipnya adalah, untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan desa melalui peningkatan pelayanan publik di desa, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa serta memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan.

Kepala Kampung Kecubung Mulya Kecamatan Gedung Aji, Kabupaten Tulang Bawang, “ TALHA ” Saat Di Temui Oleh SAHDAN Kepala Biro, Media Penalampungnews.com. Di Balai Kampung Setempat, (23/08/21).

menjelaskan rencana pengelolaan Dana Desa (DD) baik yang bersumber dari APBN maupun yang bersumber dari APBD.

Selain pembagian BLT-DD, Perencanaan pembangunan drainase yang berlokasi di wilayah RT 2 RK 1 di Kampung Kecubung Mulya saat ini sedang di kerjakan.

 Alokasi Dana Desa (DD) TAHUN 2021 untuk pembangunan drainase tersebut sebesar Rp. 100.000.000. Pembangunan drainase dikerjakan secara swakelola oleh TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) kampung kecubung mulya yang diketuai oleh TALHA  (Kepala kampung kecubung mulya).
Kakam Talha , mengatakan “Tujuan dibangunnya drainase ini untuk memperlancar dan mengefektifkan saluran air agar pada saat hujan saluran air tidak tersumbat dan menyebabkan banjir”, ucapnya
“Selain itu juga untuk memperindah tata kelola lingkungan desa utamanya wilayah RT 2 RK 1 sehingga menjadi lebih tertata, bersih dan tidak kumuh”, Tambahnya.
Sebelum dilakukan nya pengerjaan kepala kampung kecubung mulya TALHA menghimbau ” kepada warga desa yang memiliki rumah disekitar drainase yang akan dibangun tersebut untuk secara swadaya menebang pohon – pohon yang ada di dekat drainase hal tersebut untuk mempermudah pekerja saat mengerjakan pembangunan drainase, Dengan bertambahnya pembangunan infrastruktur desa yaitu salah satunya drainase tersebut, diharapkan dapat menjadi salah satu faktor untuk mengoptimalkan perekonomian warga desa.”ungkapnya.

” Ya harapan kami bersama-sama dengan masyarakat bagaimana untuk saling membantu dan memberikan masukan agar untuk kebaikan kampung bersama, sehingga apa saja yang diprogram bisa dirasakan oleh masyarakat desa dengan adil dan merata, ujarnya.

Selain hal tersebut, Kepala Kampung Kecubung Mulya ” Talha ”, mengucapkan terimaksih yang sebesar – besarnya kepada Pemerintahan Pusat dan Daerah, Terutama pemerintah kabupaten tulang bawang, atas terealisasinya program Dana Desa (DD) yang sangat membantu kebutuhan Kampung dan Pemberdayaan Masayarakat.

Serta sangat membantu untuk Fasilitas dan kebutuhan Kampung baik di bidang pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat dan hal ini sangat dirasakan sekali oleh masyarakat luas, dan kini pembangunan – pembangunan Di Kampung Kecubung Mulya Nampak Bagus dan Tertata,  Mudah – Mudahan Pembangunan Kedepan Bertambah Sesuai Dengan Harapan Dan Fungsinya”.

” Serta Untuk pencegahan penularan Covid-19, selama ini pemerintah Kampung Kecubung Mulya bersama Babinkamtibmas dan Babinsa terus memberikan edukasi tentang 3M, jaga jarak, dan tetap di rumah saja jika tidak ada aktivitas yang tidak terlalu penting,” Tutup Talha Kepala kampung Kecubung Mulya.

(Sahdan)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button