BERITA TERKINIEkobisTanggamus

Kepala Pekon Talang Padang Resmikan Bumdes Andan Jejama

Tanggamus Kepala pekon Talang Padang Parizal Saleh SE, Meresmikan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes Andan Jejama) yang bergerak di bidang Toko Serba Ada ( Toserba ) di pekon Talang Padang kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus, Sabtu (5/3/2022) kegiatan ini di awali dengan pemotongan pita.

 

Tampak Hadir mendampingi Parizal Saleh SE selaku kepala Pekon,Rumaidi ST. Selaku Ketua BUMDes, Tokoh Masyarakat, Kadus, penggerak PKK serta Apatur pekon setempat.

 

di kesempatan itu Rumaidi ST, selaku ketua BUMDes, menjelaskan bahwa Toserba ini adalah program pengembangan mereka di tahun 2022-2025, yang mana sebelumnya pada tahun 2017 telah diawali dengan program budidaya ikan Lele.

 

” Sebelumnya BUMDes ini berdiri pada 21 April 2017, Pada saat itu diawali dengan program budidaya ikan lele dan berkembang ke pernyertaan modal serta sablon, dan tahun ini untuk sampai tahun 2025, kita bergerak di Toserba, dan patut saya pertegas Bumdes kita tidak bergerak di simpan pinjam, ” tuturnya.

 

Masih Sambung ketua BUMDes ” kedepan siap terima keritikan membangun. Adapun pernyetaan modal bergulir bukan simpan pinjam, dengan sistem regulasi yang berlaku yang akan di terapkan ” ucapnya

 

Menjelang pemotongan pita, Parizal Saleh selaku Kakon menjelaskan bahwa Menurutnya, keberadaan BUMDes diyakini dapat memberikan multiplier effect yang sangat besar bagi perekonomian masyarakat. Dengan adanya BUMDes, akan menggerakkan sektor-sektor ekonomi produktif, serta menjadi stimulan bagi pertumbuhan ekonomi di Pekon.

 

Pendirian dan pengelolaan BUMDes, lanjutnya, adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara kooperatif, partisipatif, emansipatif, transparan, dan akuntabel. Untuk itu, perlu adanya upaya yang serius untuk menjadikan pengelolaan BUMDes hingga dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien, dan profesional

 

” Eksistensi BUMDEs sebagai lembaga bisnis yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah Pekon memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi ,” ucap parizal

 

Masih lanjut Parizal Saleh ” Di masa PPKM ini, sengaja saya tidak undang semua untuk hadir namun secara perwakilan dan tokoh InsyaAllah telah terwakilkan. tahun 2017 BUMDes ini berdiri namun telah sama kita ketahui kurang maksimal”.

 

” Sekarang yang patut kita pikirkan uang nya ada, tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan untuk penunjang kesejahteraan warga, seperti yang telah disampaikan ketua tadi, BUMDes pekon Talangpadang tidak mengadakan simpan pinjam, karena bercermin ke luar agak macet dan kurang berjalan dengan baik” ujarnya.

Untuk kebutuhan yang banyak bagi masyarakat, Toserba BUMDes Siap bantu. ” Kedepan nya ATK di beberapa tempat kita Suflay seperti pekon yang lain ” kata Parizal Saleh.( Odo/Sapriadi)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button