BERITA TERKINIPesisir Barat

Lomba pekon tingkat provinsi di pekon suka negara dihadiri oleh bupati pesisir barat

[su_animate type=”bounceInDown” duration=”0.5″ delay=”0.5″ inline=”yes”][su_highlight background=”#cf141c” color=”#f5f2f2″]Penalampungnews.com[/su_highlight] |[/su_animate]

Pesisir Barat – Bupati Pesisir Barat DR.Drs.H.Agus Istiqlal,SH,.MH menghadiri Penilaian lomba pekon dan penilaian BUMDES tingkat provinsi lampung, dipekon Suka Negara kecamatan pesisir tengah. (23/4).

Hadir dalam acara tersebut , kepala ( OPD ), pabung , pengurus PKK kabupaten , pengurus PKK.kecamatan , peratin sukanegara , serta seluruh masyarakat pekon sukanegara.

Dalam Sambutan Bupati Pesisir Barat DR Drs.H.Agus Istiqlal,SH,.MH mengatakan bahwa dengan dipilihnya pekon suka negara kecamatan pesisir tengah untuk mewakili kabupaten pesisir barat pada acara lomba pekon tingkat provinsi lampung tahun 2019 bukan tanpa alasan atau hanya sekedar menggugurkan kewajiban, akan tetapi pekon suka negara merupakan salah satu pekon yang masuk kategori pekon berkembang, dengan luas wilayah 440 ha2 dan jumlah penduduk 1.005 jiwa, 254 kk, mempunyai 4 dusun (pemangku) dengan 5 anggota lhp, dan dihuni oleh penduduk dari beberapa suku, yaitu lampung, jawa dan sunda.

kemudian, berdasarkan hasil survey data lapangan yang dilakukan oleh tim penilai tingkat kabupaten, telah sesuai dengan indikator penilaian lomba desa baik dari bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan, bahwa pekon suka negara memang layak untuk diusulkan mengikuti lomba pekon tingkat provinsi,” jelas Agus Istiqlal.

Masih kata bupati, pemerintah kabupaten pesisir barat sudah berusaha untuk memajukan pekon dengan memberikan perhatian dan komitmen yang tinggi ke seluruh pekon, antara lain dengan memberikan bimbingan teknis, melakukan pembinaan-pembinaan, baik terhadap kelembagaan pekon maupun yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat dan ekonomi masyarakat, sesuai dengan visi terwujudnya masyarakat yang madani, mandiri dan sejahtera di kabupaten pesisir barat.

Selanjutnya selain dari lomba pekon pada tahun ini juga , dilaksanakan penilaian terhadap badan usaha milik desa (BUMDES) atau badan usaha milik pekon (Bum Pekon) yang saat ini diwakili oleh Bumpekon mandiri jejama di pekon mandiri sejati kecamatan krui selatan, yang memiliki 2 (dua) unit usaha, yaitu unit usaha rest area (pariwisata), dan usaha penunjang lainnya adalah penggalian pasir dan pembuatan batako, perdagangan sarana dan hasil pertanian, serta industri kecil dan kerajinan rakyat.

kedua unit usaha tersebut baru berjalan setahun terakhir dan pada saat ini diikut sertakan dalam penilaian Bumdes tingkat provinsi, dengan tujuan sebagai ajang evaluasi tingkat provinsi, juga agar pihak pengelola khususnya dan pemerintah kabupaten pesisir barat umumnya memahami seperti apa idealnya sebuah bumdes disebut maju, sehingga dapat menjadi modal pemerintah kabupaten dalam memberikan pembinaan selanjutnya,”jelasnya.

Selanjutnya sambutan gubernur lampung yang diwakili oleh kepala Dinas PMD Drs.Yuda Setiawan,MM selaku ketua tim Penilai menyampaikan Terimakasih kepeda peratin suka negara beserta perangkatnya atas terlaksananya penilaian lomba pekon tingkat provinsi lampung.semoga pekon suka negara ini kedepan dapat mengelola bumdes destinasi desa / pekon wisata ” Tutup nya. ( Bukhari ayub )

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button