BERITA TERKINICitizenLAMPUNGTulang Bawang

Luka dan Duka Mat Saleh, Sang Penggali Kubur

Penalampungnews.com,Tulang Bawang- Bantuan Hibah Penggali Kuburan memang tidak seberapa nilainya, akan tetapi buat Mat Saleh dan Keluarganya bantuan tersebut sangat ditunggu dan diharapkan, deraan kemiskinan sudah biasa untuk keluarga Mat Saleh. Hal ini menjadi cerita tersendiri ketika kami mengunjungi langsung kediaman rumah Mat Saleh di Kampung Bujung Tenuk Kecamatan Menggala.

Mat Saleh menerangkan, iya telah bertahun-tahun menjadi tukang gali kuburan dengan upah yang sangat minim untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

“saya ini orang miskin mas, membuat Rekening Tabungan sebesar Rp, 100.000 yang saya pinjam dari tetangga hanya untuk memperjuangkan bantuan yang telah dijanjikan tersebut,” tuturnya.

Menurut penuturan Mat Saleh, salah satu persyaratan agar mendapatkan bantuan harus mempunyai rekening, dikarenakan bantuan tersebut akan tersalurkan ke rekening pribadi masing-masing penerima bantuan yang telah didata oleh pihak terkait.

“Bulan April saya membuka Rekening dengan pinjaman dari tetangga, sekarang uang tersebut tertahan di buku Rekening dan tidak bisa dipakai,” jelasnya.

Sulit menutupi permasalahan ini, saya selalu disindir oleh teman-teman karna mendapatkan bantuan dari Pemerintah sedangkan bantuan tersebut sampai saat ini belum juga saya terima.

Keadaan keluarga kami yang miskin dan bisa dikatakan keluarga kurang mampu, tidak berpendidikan, membuat beban moral keluarga ini, sehingga tetangga dan kerabat yang menyinggung permasalahan ini membuat kami terdiam.

Sementara Kasubag Pemberdayaan Masyarakat di Kecamatan Menggala, Widya mengatakan seluruh kelengkapan Administrasi yang diminta oleh pihak Kesra sudah terpenuhi dan tinggal menunggu kejelasan pencairannya, akan tetapi pihak Kesra mengelak dan tidak mengetahui adanya bantuan dana tersebut.

“ketika saya mengkonfirmasi tentang bantuan tersebut, pihak Kesra selalu menyatakan belum ada pencairan,”jelasnya.

Di lain sisi Kabag Kesra Drs. Kamran ketika dikonfirmasi, menjelaskan bahwa iya tidak mengetahui tentang program bantuan tersebut dan dia berkilah bahwa bantuan tersebut tidak ada dan jikapun ada saya akan mengecek terlebih dahulu kebenarannya.” tutupnya. (Saidi)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button