Aspirasi PublikBERITA TERKINIKabar DesaKABIRO PENA LAMPUNGLAMPUNGLampung TimurNasional

Melawan Covid-19 : Desa Nampirejo Patuhi Protokol Kesehatan

LAMPUNG TIMUR (Pena Lampung) – Banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat desa dalam menghadapi covid 19 ini. Kegiatan-kegiatan tersebut tentu dari kolaborasi pemerintah desa, organisasi di desa serta dukungan penuh masyarakat. Tidak adanya kolaborasi dengan baik tentu tidak dapat mencegah virus ini menyebar serta menghadapi permasalahan lainnya. Selasa (11/08/2020).

Menyiapkan segala kemungkinan tentu tiap desa-desa di Indonesia juga membentuk tim relawan sesuai anjuran pemerintah pusat yakni tim desa siaga Covid 19. Tugas tim relawan desa lawan covid 19 ini yakni mencegah dan menangani covid 19 serta melakukan koordinasi intensif dengan dinas kesehatan, dinas pemberdayaan masyarakat desa (PMD) dan badan penanggulangan bencana daerah (Bapedda). Kepala desa tentu sebagai ketua tim desa siaga covid 19 dibantu oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan aparat desa. Babinkamtibmas, Bhabinkamtibmas dan pendamping desa berperan sebagai mitra untuk pelaksanaan ini.

Desa-desa di Indonesia sudah mulai mandiri dan berinisiatif untuk mencegah penularan serta mencegah permasalahan yang lain. Adapun cara-cara pencegahannya seperti sosialisasi ke warga secara terus menerus dibantu oleh pemerintah kecamatan dan aparat kemanan seperti TNI dan Polri, bahkan beberapa desa sudah membuat portal agar dapat mengantisipasi orang lain masuk selain warganya sendiri guna mencegah penularan semakin cepat, selain itu juga dilakukan penyemprotan disinfektan kerumah warga dan tempat umum.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Nampirejo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur pada beberapa bulan terakhir ini menyediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun ,tissu dan Hand Sanitizer yang disediakan kepada seluruh Perangkat Desa serta pengunjung Kantor Balai Desa Nampirejo,  Pemasangan kran cuci tangan tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Corona/Covid-19.

Kegiatan tersebut setelah dilaksanakan koordinasi Pemerintah Desa Nampirejo, Kepala Desa menginstruksikan kepada seluruh perangkat desa untuk bergotong royong menyediakan tempat cuci tangan sebagai langkah preventif untuk mencegah penyeberan virus Corona (Covid-19) dan mengadakan sosialisasi kepada warga masyarakat melalui Publikasi berdasarkan surat edaran yang telah dikeluarkan Pemerintah Desa .

Dalam koordinasi tersebut Kepala Desa Nampirejo juga menghimbau kepada seluruh warga untuk tetap berdiam diri dirumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak. Namun apabila ada warga yang tetap memiliki kewajiban untuk menjalankan tugas diluar rumah maka dimohon untuk tetap mematuhi segala aturan terkait pencegahan virus Corona diantaranya menggunakan masker, menerapkan social distancing, dan selalu mencuci tangan setelah bepergian. (Eri)

Klik Gambar

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button