Bandar LampungBERITA TERKINILAMPUNG

Pada Masa Era Globalisasi, Pekerja Harus Tingkatkan Hard Skill dan Soft Skill

Penalampungnews.com,Bandar Lampung–

Persaingan kerja di era globalisasi saat ini menuntut calon pekerja memiliki daya saing yang tinggi.

Calon pekerja yang berdaya saing tinggi tidak hanya cukup dengan predikat Cumlaude. Calon pekerja yang memiliki daya saing adalah sumber saya manusia yang memiliki hard skill dan soft skill yang baik.

Seperti yang diadakan kerjasama dengan Trainer Profesional dari Sekolah Global Mandiri Cibubur, Character Building memiliki 3 level yang dijalankan tiap tahunnya. Masing-masing level memiliki tema yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja.

Character building  1 diikuti oleh mahasiswa angkatan 2016 pada saat Propti (Program Orientasi Perguruan Tinggi) tahun lalu dengan tema Self Indentification. Character Building 2 dengan tema Capability Acceleration baru saja diadakan pada tanggal 6 Agustus 2017 di kampus Prasetiya Mandiri Lampung jl.zainal abidin-Pelita 1 Labuhan Ratu,Bandar Lampung. Character Building 3 dengan tema Drive your Future akan diterima mahasiswa angkatan 2016 tahun depan disemester 5.

Belum banyak lembaga pendidikan yang concern dengan pentingnya softskill bagi mahasiswanya. A2L & Prasetiya mandiri grup lampung adalah lembaga perguruan tinggi yang menitikberatkan pendidikan mahasiswanya tidak hanya dari sisi akademis tetapi juga dari sisi soft skill sebagai bekal didunia kerja. Salah satu program yang rutin dijalankan dalam kurun waktu satu tahun belakangan ini adalah Character Building.

Character Building 2 adalah program pelatihan yang merupakan lingkup kecil dari tiga zona aktualisasi diri dalam kehidupan. Dimulai dari personality zone, learning zone, sampai performance zone. Character Building 2 terdiri dari kelas indoor dan outdoor. Program ini langsung ditangangi oleh tim Trainer Global Mandiri Cibubur dengan materi dan games yang mengasah cara berpikir dan membangun teamwork. Gentur Triwitono,S.Pd.,M.Pd sebagai Tim Leader menyusun rangkaian materi Character Building dengan tujuan mengembangkan kemampuan Intra personal dan Interpersonal untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal sejalan dengan penguasaan bidang pengetahuan,teknologi, dan keterampilan teknis dengan bidang ilmu.

Diharapkan dengan program ini, mahasiswa mampu memposisikan diri dengan profesional, peka terhadap dinamika tantangan dunia kerja, memiliki semangat organisasi dan kreatif.

“Acaranya seru,games nya menarik, ga sabar untuk Character Building 3 tahun depan”, salah satu isi kolom komentar peserta di kuisioner Character Building 2 minggu lalu. Mahasiswa bisa merasakan sendiri manfaat dari program ini.

Manfaat nyata yang bisa dilihat dari program Character Building ini antara lain,mahasiswa lebih berani berpendapat dengan attitude yang baik, mengedepankan kerjasama dan kekompakan dalam berkeseharian sebagai mahasiswa, dan juga lebih peka terhadap perubahan. Hal ini diutarakan oleh Rahmi Eliyana,SE.,MM selaku Ka. Kemahasiswaan dan In House Trainning A2L & Prasetiya Mandiri Group Lampung.

“Mahasiswa yang telah mengikuti program Character Building cenderung lebih menghargai satu sama lain, lebih bersikap sopan terhadap dosen maupun lingkungan sekitar dan mampu beradaptasi,”Tutup Eliyana.**znd

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button