BERITA TERKINILAMPUNGPringsewu

Parade Cabor Ramaikan HAORNAS Pemkab Pringsewu

GADINGREJO (PL) – Memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) 2022, Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengadakan Parade Cabang Olahraga di ruas jalan utama komplek perkantoran Pemkab Pringsewu di kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten Pringsewu, Pekon Klaten, Kecamatan Gadingrejo, Jumat (09/09/22).
Parade Cabor yang diikuti KONI, KORMI dan BAPOPSI ini disaksikan Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah dan Ketua DPRD Pringsewu Suherman, Ketua KONI Pringsewu Dwi Pribadi dan Ketua KORMI Pringsewu Maulana M.Lahudin beserta jajaran pemerintah daerah dan forkopimda dari tribun depan Kantor Bupati Pringsewu. Bahkan, pada kesempatan itu, Penjabat Bupati bersama Ketua DPRD Pringsewu juga mencoba menunggang kuda dan mobil offroad di sekitar komplek perkantoran serta beradu panco atau gulat tangan.
Sebelumnya, juga dilaksanakan apel dan launching Festival Olahraga Masyarakat yang diinisiasi KORMI dan Festival Olahraga Pendidikan oleh BAPOPSI, ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Penjabat Bupati Pringsewu, serta pemberian apresiasi dan penghargaan kepada para pelatih dan atlet berprestasi yang berhasil meraih prestasi pada event nasional dari Januari 2021 hingga Agustus 2022.
Para pelatih maupun atlet berprestasi tersebut diantaranya Hadi Wacono, pelatih cabang olahraga atletik, pelatih tinju Agus Setiawan, pelatih pencak silat pelajar Erizal, pelatih karate pelajar TB Refadhian Wibisono, pelatih taekwondo pelajar Gerin Ranada dan pelatih Persatuan Layang Indonesia Juliandi. Sedangkan atlet berprestasi, yakni Widodo Santoso, atlet gulat tangan yang meraih medali emas pada FORNAS VI Sumatera Selatan, Utami Lestari, atlet pencak silat pelajar yang meraih juara kejuaraan pencak silat pelajar internasional, serta Yunita Sari, atlet hapkido yang meraih medali emas PON Papua 2021.
Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah membacakan amanat tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali saat bertindak sebagai pembina apel mengatakan bangkitnya ekonomi dan produktifitas masyarakat melalui olahraga setelah melewati keterbatasan aktifitas fisik selama 2 tahun pandemi covid-19 menjadi momentum peringatan HAORNAS, yang dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 67 Tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional. Kolaborasi dan komitmen yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan stakeholders olahraga untuk bersama-sama dalam mencetak juara di bidang olahraga, dalam prosesnya sangatlah panjang. “Diawali melalui pembudayaan olahraga, pembinaan sejak usia dini, kompetisi secara berjenjang dan sistematis serta didukung dengan penerapan sport science”, katanya.
Lahirnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan terbitnya Peraturan Presiden RI Nomor 86 Tahun 2021 tentang Design Besar Olahraga Nasional (DBON), diharapkan mampu memberikan konstribusi pencapaian tujuan pembangunan olahraga dalam dimensi yang lebih luas yakni untuk mewujudkan Indonesia bugar berkarakter tangguh dan berprestasi dunia, bahkan olahraga harus mampu berperan dalam pemberdayaan ekonomi. “Oleh sebab itu maka tema peringatan HAORNAS XXXIX Tahun 2022 ini adalah Bersama Cetak Juara”, jelasnya.
Selanjutnya untuk optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga, sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional sebagaimana telah diubah menjadi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, agar bersama-sama melaksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat, sehingga olahraga dijadikan sebagai kebutuhan dan gaya hidup, yang tentunya dalam pelaksanaannya saat ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
Sementara itu, Kadis Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (DisporaPar) Pringsewu Jahron mengimbau masyarakat Pringsewu untuk tetap giat berolahraga guna meningkatkan imunitas tubuh, sehingganya dengan tubuh yang sehat dan kuat, dapat menjalankan aktifitas secara optimal.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button