BERITA TERKINILAMPUNGPesisir Barat

PEMKAB PESIBAR HADIRI FORUM PEMBINAAN ORMAS

PESISIR BARAT (PL) Bupati Pesisir Barat DR. Drs. H. Agus Istiqlal, SH., MH. yang di wakili oleh Wakil Bupati Erlina, SP., MH menghadiri acara forum silaturrahmi dan pembinaan ormas/LSM Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2019 di aula Sartika Guest House Pekon Serai Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (14/11).

Hadir dalam acara tersebut Pabung, Kapolsek Pesisir Tengah, jajaran Pimpinan Tinggi Pratama, pejabat administator dan pejabat pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Para pimpinan lembaga ormas dan LSM, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat se-Kabupaten Pesisir Barat.

Wakili Bupati Pesisir Barat Erlina mengatakan bahwa Forum silaturrahmi dan pembinaan ormas – lslam dipandang sangat penting dilakukan agar setiap ormas mampu memahami akan hak dan tanggung jawabnya untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

“Peran ormas / LSM selama ini dirasakan sangat efektif untuk menjaring aspirasi masyarakat karena hidup dan tumbuh dalam dan bersama-sama masyarakat.
Disisi lain pemerintah bertugas melakukan pembinaan dan memberikan dorongan dan pengayoman dalam rangka menumbuhkan organisasi yang sehat dan mandiri sehingga organisasi dapat menggerakkan kreatifitas dan aktivitasnya secara positif,” ucap Erlina mewakili Bupati Pesisir Barat mengawali sambutannya.

Selain itu lanjut Erlina bahwa pembinaan pemerintah kepada ormas/LSM bukanlah indoktrininasi akan tetapi sebagai fasilitator dan regulator untuk menyatukan visi dan persepsi dengan tidak menghilangkan arti kebebasan berserikat dan berkumpul sesuai dengan tugas dan pengabdian kita masing-masing dan kesamaan visi dan persepsi bertujuan agar tidak terjadi miss-understanding yang pada akhirnya dapat mengundang konflik ditengah-tengah masyarakat.
Pemerintah wajib melakukan pembinaan dalam rangka pengembangkan dan mendayagunakan peran Ormas/LSM sebagai wahana partisipasi masyarakat dalam pembangunan secara swadaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan bertujuan agar keberadaan serta kegiatannya bermanfaat bagi kepentingan masyarakat dan sejalan dengan pembangunan daerah.

“Pada saat ini pemerintah menempatkan Organisasi Masyarakat (Ormas) sebagai mitra kerja yang diharapkan partisipasi aktifnya untuk dapat bersama membangun kabupaten pesisir barat menuju kesejahteraan masyarakat. Perlu dijalin kerjasama yang baik, ormas juga dituntut menjaga dan memelihara keamanan dalam kehidupan bermasyarakat demi terwujudnya Kabupaten Pesisir Barat yang madani, mandiri dan sejahtera, ” pungkas nya. (Bukhori)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button