Aspirasi PublikBERITA TERKINILAMPUNGLampung Timur

Persiapan Lomba Desa, Pelda Tarsino Beri Pembinaan Khusus Linmas Desa Sumbergede

LAMPUNG TIMUR (Pena Lampung) – Koramil 429-11/Sekampung Kodim 0429/Lamtim Pelda Tarsino berikan pembinaan khusus kepada Perlindungan Masyarakat (LINMAS) dalam rangka menghadapi lomba desa, bertempat di Balai Desa Sumbergede Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur, Selasa (25/02/2020).

Lomba Desa sendiri menurut jadwal akan dilaksanakan pada Tanggal 11 Maret 2020, Perlombaan Desa dan Kelurahan adalah Penilaian Perkembangan pembangunan atas usaha Masyarakat Desa dan Kelurahan yang bersangkutan dalam Kurun waktu 1 (satu) Tahun.

“Pelatihan Baris berbaris dan wawasan bela Negara merupakan hal yang wajib diketahui sebagai ilmu sebagai bekal aparat desa (Linmas) supaya mengerti dasar-dasar kepemimpinan dan kedisiplinan untuk menunjang tugas aparat di lingkungan desa”, Ujar Pelda Tarsino.

Ia Menambahkan, “secara Umum Tujuan dari Perlombaan Desa dan Kelurahan adalah untuk mendorong usaha pembangunan yang dilaksanakan Masyarakat Desa dan Kelurahan atas dasar tekad dan kekuatan sendiri selama kurun waktu satu tahun dalam wujud peningkatan kualitas hidup ekonomi, Politik, Sosial dan budaya serta keamanan serta ketertiban”, Pungkas Pria Alumni Tamtama 1989 yang sudah mengenyam jadi Babinsa selama 20 Tahun tersebut.

Sementara Supardi selaku Danton Linmas mengatakan, “dengan kehadiran Bapak TNI dari Koramil semakin memotivasi kami untuk berlatih PBB dan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan guna menghadapi perlombaan Desa Bulan Maret mendatang, sekaligus kami semakin memahami apa PBB yang sebenarnya, karena selain latihan kami juga bisa bertanya tentang hal-hal yang belum jelas”, Ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa Linmas yang dulu lebih dikenal dengan sebutan Hansip (Pertahanan sipil) dilihat dari tugas dan fungsinya sangatlah penting keberadaannya di desa, karena merupakan garda terdepan dalam penanganan masalah keamanan, ketentraman dan ketertiban sosial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. (Red)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button