BERITA TERKINIEkobisLAMPUNGLampung Utara

PKK Resmikan Kios Pemasaran Terpadu Produk Lokal

Penalampungnews.com,Kotabumi_Tim Penggerak PKK kabupaten Lampung Utara (Lampura) membuka secara resmi kios pemasaran terpadat untuk produk-produk hasil kreativitas dari masyarakat. Produk-produk lokal yang terdiri dari kerajinan dan makanan lokal tersebut diharapkan akan menambah giat perekonomian dan  kesejahteraan masyarakat. Demikian diungkapkan Ketua Tim Penggerak PKK Lampura, Endah Prajawati saat membuka lomba cipta kreasi pangan lokal di halaman kantor PKK setempat (8/9).

Dikatakan dia, kuliner tradisional haruslah dijaga kelestariannya ditengah derasnya bermunculan berbagai macam makanan dari luar negeri. Sebab makanan kuliner merupakan salah satu jati diri atau ciri khas daerah dan bangsa. ” Salah satu program PKK adalah bagaimana melestarikan makanan lokal  dan berkreasi dalam membuat menu dan jenis makanan tradisional baru. Dan saat ini kami juga akan meresmikan tujuh kios pemasangan bersama untuk produk makanan lokal dan produk kerajinan dimana tempat ini juga akan menjadi sumber oleh-oleh khas kabupaten Lampung Utara,” ujar Endah.

Kios-kios tersebut akan diisi oleh produk lokal dari 247 desa dari 23 kecamatan yang ada di Lampura. ” Kita juga sudah melakukan pelatihan kepada masyarakat khususnya pelaku usaha kecil untuk bisa meningkatkan nilai tambah produknya. Kios-kios ini juga berfungsi memudahkan mereka untuk memasarkan produknya,” terang Endah.

Sementara itu Bupati Lampura, Agung Ilmu Mangkunegara yang membuka acara lomba itu mengatakan, acara ini  adalah momen penting untuk kembali mengingat dan melestarikan makanan tradisional. Karena menurut dia, anak-anak saat ini cenderung tidak mengenal makanan tradisional dan lebih suka terhadap jenis makanan instan dan siap saji yang belum tentu baik kandungan gizi dan citra rasanya,” kata Bupati.

Ketua Nasdem Lampura ini juga berharap dengan adanya perlombaan dan pembukaan kios pemasaran terpadu ini akan menambah kreativitas masyarakat dalam memproduksi jenis panganan dan kerajijan lokal sehingga akan meningkatkan perekonomian masyarakat. ” Hendaknya melalui acara ini akan muncul ikon-ikon makanan dan kerajinan daerah yang bisa dibanggakan,” pungkasnya.

Pantauan Ketua Tim PKK  didampingi Bupati, Wakil Bupati dan jajaran pejabat dan unsur Forkopimda menggunting pita peresmian kios pemasaran terpadu serta mencicipi berbagai macam makanan tradisional yang diperlombakan. (Faisol)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button