BERITA TERKINIKABIRO PENA LAMPUNGLAMPUNGTanggamus

Rumah Nyaris Roboh Akibat Longsor, Warga Sinar Petir Talang Padang Minta Pemkab Tanggamus Segera Menaggul Aliran Sungai Way Kandis..!!

Tanggamus (PL) – Sejumlah warga Pekon Sinar Petir, Kecamatan Talang Padang merasa khawatir dan was was, pasalnya tebing batas dibelakang rumah mereka dengan aliran sungai  Way Kandis mengalami longsor beberapa minggu lalu akibat hujan deras.

Miris nya lagi, longsor tebing aliran sungai way Kandis itu sudah hampir mencapai dinding rumah warga, tetapi warga mengklaim belum ada tindak lanjut dari pemerintah daerah, mereka khawatir dampak yang terjadi bila sampai terjadi banjir kembali, seperti yang di katakan Zubaedah pemilik rumah warga Pekon sinar petir, Sabtu (10 Desember 2022).

” Ya Allah pak, kami sudah takut sekali dan ini sudah dua kali ambrol, kami sangat kawatir kalau banjir lagi rumah saya bisa ambrol juga, ” ujar Zubaedah.

Zubaedah juga berharap ada bantuan dari Badan penanggulangan bencana Daerah (BPBD) kabupaten Tanggamus agar Tebing Sungai itu dapat di beri tanggul.
” Saya berharap ada bantuan dari pemerintah, agar Tebing Siring ini dapat di tanggul biar tidak longsor, ” harap warga sinar petir itu.

Di tempat yang sama, Ismail Kardi Kakon sinar petir menjelaskan, akibat intensitas hujan yang cukup tinggi di beberapa Minggu yang lalu, beberapa rumah yang ada dipekon tersebut yang berbatasan dengan sungai way Kandis nyaris roboh.

Dalam kesempatan ini Ismail Kardi juga sangat mengharapkan bantuan dengan pihak terkait, Pemda tanggamus dan BPBD untuk segera membantu membuatkan tanggul penahan, agar supaya saat terjadi musim hujan yang biasa nya bulan Februari intensitas kembali tinggi, rumah warga bisa terselamatkan.

” Saya meminta kepada pemerintah daerah terutama pihak BPBD untuk segera turun kelapangan dan melihat langsung kondisi tebing Siring ini jangan sampai nanti menelan korban jiwa dan materi, apalagi bulan Pebruari biasanya intensitas curah hujan cukup tinggi. ” Harap Kakon.

Hal senada juga disampaikan Ustadz Desri (tokoh masyarakat) Yang membenarkan kejadian itu, dirinya pula berharap agar supaya Pemda tanggamus bergerak lebih cepat sebelum rumah warga yang sudah nyaris roboh tergerus banjir itu bebar benar roboh.(Odo)

Klik Gambar

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button