BERITA TERKINILAMPUNGLampung TimurNasional

Syahrudin Putera lepas peserta Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 di Kabupaten Lampung Timur…

Pada saat pelepasan peserta gowes nusantara 2017 di lamtim…

Lampung Timur_

penalampungnews. Com

Mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kementerian Pemudan dan Olahraga Republik Indonesia, Drs. Sanusi , M.H. didampingi Bupati Lampung Timur, Chsununia, Wakil Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera melepas peserta Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 di Kabupaten Lampung Timur, Minggu (30/07/2017).

Diawali dengan melakukan senam bersama di pelataran halaman Islamic Center, rombongan berjumlah sekitar 1200 peserta yang terdiri dari berbagai komunitas sepeda, jajaran Pemerintah Kabupaten LampungTmur dan masyarakat menempuh rute sepanjang 35,1 Km.

Rute yang start dari Islamic Center di Kecamatan Sukadana dan finish di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Kecamatan Labuhan Ratu itu terbagi dalam tiga posko yakni, tiga posko Posko I di Desa Lehan Kecamatan Sukadana, Posko II di Desa Banding Kecamatan Sukadana dan Posko III di  Desa Labuhan Ratu VI Kecamatan Labuhan Ratu.

Pada even Gowes Pesona Nusantara yang dimulai dari titik 0 (nol) kilometer di Kota Sabang, Banda Aceh hingga berakhir di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah bertepatan dengan Peringatah Hari Olahraga Nasional pada 09 September 2017 mendatang tersebut, Kabupaten Lampung Timur merupakan satu satunya kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang dilalui oleh even tersebut.

Gowes Pesona Nusantara sendiri merupakan even nasional yang terdiri dari 90 etape dengan mengambil rute melewati berbagai destinasi wisata, seni dan budaya unggulan dari setiap kota yang disinggahi. Gowes Pesona Nusantara 2017 telah dimulai di empat titik yakni Sabang (Aceh), Merauke (Papua) Atambua (Nusa Tenggara Timru) sejak 13 Mei 2017 dan Tarakan (Kalimantan Timur) sejak 14 Mei 2017.

Dalam sambutannya Sanusi mengharapkan adanya pembudayaan olahraga yang perlu dimulai dari masyarakat desa hingga masyarakat kota dengan memperhatikan lima unsur yaitu murah, meriah, menarik, massal, dan manfaat ( 5 M ).

Dikatakan oleh Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan itu, ”tujuan Gowes Pesona Nusantara 2017 salah satunya adalah mempersatukan masyarakat Indonesia untuk sehat, bugar, dan bekarakter. Sehingga berdampak secara masif, berpengaruh secara positif bagi gaya hidup masyarakat atau lifestyle. Disamping akan menggerakkan masyarakat aktif berolahraga dan menyediakan sarana olahraga yang menjadikan bersepeda sebagai jenis olahraga dan sekaligus sebagai alat transportasi bebas polusi.”

Pada kesempatan sama Chusnunia selain mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas terpilihnya Lampung Timur sebagai bagiann dari even Gowes Pesona Nusantera 2017 juga bercerita seputar kemerihan berbagai festival yang ada di Kabupaten Lampung Timur.

Lebih lanjut, Chusnunia juga menitipkan pesan kepada Sanusi untuk membantu menagih janji Menteri Pemuda dan Olahraga yang telah berjanji mengadakan kegiatan nasional keolahragaan di Taman Nasional Way Kambas.

“Tahun lalu pak menterinya disini menjanjikan akan mengadakan even olahraga kelas nasional disini di Festival Way Kambas. Dulu itu janjinya salah satunya adalah sepak bola gajah sebagai hiburannya kemudian ada kegiatan olahraga tingkat nasional,” ucap Bupati Lampung Timur tersebut kepada Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Dalam gebyar Gowes Pesona Nusantara 2017 di Kabupaten Lampung Timur kali ini, selain dilakukan pembagian Door Prize berupa satu buah sepeda motor dari Bupati Lampung TImur juga dimeriahkan dengan Festival Kuda Lumping serta atraksi gajah dari Taman Nasional Way Kambas. Ada juga pemberian penghargaan kepada 100 peserta gowes yang pertama finish dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang secara simbolis diberikan kepada sepuluh peserta yang pertama finish.(Eri)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button