BERITA TERKINILAMPUNGTulang Bawang

Tulang Bawang Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-109

Tulang bawang – Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-109 Tahun 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang menggelar upacara peringatan yang dilaksanakan Senin, 22 Mei 2017, bertempat di halaman Kantor Bupati Tulang Bawang, Jalan Cemara Gunung Sakti, Menggala.
Bertindak selaku Inspektur Upacara, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tulang Bawang Drs. Sobri.,MM mewakili Bupati Tulang Bawang Ir. Hanan A Rozak.,MS, serta upacara Harkitnas itu antara lain dihadiri dan diikuti oleh unsur Forkopimda, para pejabat Pemkab, aparatur, anggota TNI, Polri, mahasiswa, pelajar, dan berbagai elemen daerah terkait di Kabupaten Tulang Bawang.
Tahun ini, tema yang diangkat dalam peringatan Harkitnas ke-109, yaitu “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri, dan Berkarakter”.
Membacakan dan meneruskan amanat pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, Sekdakab Tulang Bawang Sobri mengatakan, tema Harkitnas tahun ini erat kaitannya dengan penekanan pada dimensi internasional, karena Indonesia sedang dihadapkan dalam kompetisi global.
“Sebagai satu kesatuan, mau tak mau kita harus bangkit untuk menjadi bangsa yang kompetitif dalam persaingan pada tingkat global tersebut,” ujarnya.
“Pada aspek-aspek kerja nyata, kemandirian, dan karakter kitalah terletak kunci untuk memenangkannya. Kini bukan saatnya lagi mengedepankan hal-hal sekedar pengembangan wacana, yang sifatnya seremonial dan tidak produktif. Kini saatnya bekerja nyata dan mandiri degan cara-cara baru penuh inisiatif,” imbuhnya.
Menyinggung terhadap pengelolaan pemerintahan, pada kesempatan itu Sekdakab Sobri juga mengajak agar dapat menyelenggarakan proses-proses secara lebih efisien. Memangkas segala proses pelayanan yang berbelit-belit dan berkepanjangan tanpa alasan yang jelas, serta membangun proses-proses yang lebih transparan, dan layanan tepat waktu.
Mengingatkan pesan dari Proklamator dan Presiden pertama RI, Ir. Soekarno, Sekdakab menuturkan bahwa beliau pernah berpesan “Membangun suatu negara, membangun ekonomi, membangun teknik, membangun pertahanan, adalah pertama-tama dan pada tahap utamanya, membangun jiwa bangsa. Tentu saja keahlian adalah perlu, tetapi keahlian saja tanpa dilandaskan pada jiwa yang besar, tidak akan dapat mungkin mencapai tujuannya”.
“Semoga peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini juga memperbarui semangat Trisakti: berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. Jika kita konsisten, saya yakin jalan kemandirian ini insya Allah akan membawa bangsa ini mengalami kebangkitan yang selanjutnya, yaitu menjadi bangsa yang lebih jaya dan kkompetitif dalam kancah Internasional,” tandas Sekdakab Sobri meneruskan amanat Menteri Kominfo RI Rudiantara, pada upacara peringatan Harkitnas ke-109 tahun 2017.
(derpin)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button