BERITA TERKINILAMPUNGWaykanan

Wabup Ali Rahman Sambut Kunker Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung

Way Kanan, (Penalampungnews.com), Wakil Bupati Way Kanan Drs. H. Ali Rahman, M.T bersama Ketua I Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Eka Listriyeni Ali Rahman menyambut Kunjungan Kerja Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung di Kabupaten Way Kanan, di Kampung Rambang Jaya Kecamatan Umpu Semenguk, kamis (24/11/2022).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Way Kanan Ali Rahman Menyampaikan bahwa pada periode Tahun 2020-2024 merupakan tahapan terakhir dari RPJPN 2005-2025, sehingga merupakan periode pembangunan jangka menengah yang sangat penting dan strategis. RPJMN 2020-2024 akan memengaruhi pecapaian target pembangunan dalam RPJPN. Tatanan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil dan Makmur, khususnya dalam bidang Kesehatan salah satunya ditandai dengan status Kesehatan dan gizi masyarakat yang semakin meningkat serta proses tumbuh kembang yag optimal, yang ditandai dengan meningkatnya Umur Harapan Hidup dan Healthy Adjusted Life Expectancy (HALE).

“Penurunan prevalensi wasting dan stunting pada balita merupakan sasaran pokok RPJMN 2020-2024. Dan di Kabupaten Way Kanan telah prevalensi stunting telah terjadi penurunan dari 27,7% pada Tahun 2019 (SSGBI 2019), dan pada Tahun 2021 menjadi 20,7% (SSGBI 2021) serta ditargetkan secara nasional menjadi 14% pada Tahun 2024”.

Selain stunting, pelaksanaan Desa Ramah Perempuan dan peduli Anak di Provinsi Lampung juga harus menjadi perhatian semua, masih lanjut Wabup Ali Rahman. Desa yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak dalam tata Kelola penyelenggaraan Pemerintah Desa, pembangunan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa, yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan sesuai visi pembangunan Indonesia.

Sesuai arahan Presiden RI ada 5 Program Prioritas Perempuan Dan Anak, diantaranya Peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berspektif gender, peningkatan peran ibu dan keluarga dalam Pendidikan/pengasuhan anak, penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, penurunan pekerja anak dan pencegahan perkawinan anak.

Sementara berdasarkan Keputusan Gubernur Lampung tentang Penetapan Desa Wilayah model DRPPA serta desa konvergensi penanganan dan pencegahan stunting Provinsi Lampung, dimana Kampung Rambang Jaya Kecamatan Umpu Semenguk merupakan salah satu lokus desa.

“Berbagai kegiatan terintegrasi lainnya yang telah dilaksanakan diantarana pemberian makanan tambahan, pembagian bibit buah dan sayur, budidaya ikan dalam ember, pemberian bibit ayam, kelas parenting, serta pembentukan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT).
Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat mendukung percepatan penurunan stunting di Kabupaten Way Kanan. Dan terkait Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) telah dilaksanakan sosalisasi tentang DRPPA kepada warga masyarakat Kampung Rambang Jaya, Pembentukan Forum Anak Desa, dan Pembuatan Rancangan Draft Peraturan DRPPA Kampung Rambang Jaya”.

Selain itu, dikatakan pula oleh Wabup Ali Rahman bahwa dengan adanya kunjungan kerja Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung yang diwakili Sekretaris TP PKK Provinsi Lampung dan Ketua Pokja 3, diharapkan bukan hanya sebatas seremonial saja, tetapi harus ditunjukkan keseriusan Pemerintah Kabupaten Way Kanan dalam penanganan dan pencegahan kejadian stunting dan melaksanakan pembinaan sekaligus monitoring dan evaluasi program kegiatan Desa Model Konvergensi dan Pencegahan Stunting serta Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

“Karena upaya pencegahan dan penurunan Stunting tidak dapat dilakukan hanya oleh sector Kesehatan saja, karena penyebabnya yang multidimensi. Sehingga percepatan penurunan stunting harus dilaksanakan secara holistik, integratif dan berkualitas melalui koordinasi, sinergi dan sinkronisasi diantara Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kampung dan Pemangku Kepentingan lainnya. Dan konvergensi berbagai program yang terkait dengan penurunan stunting dan desa ramah perempuan dan anak menjadi kata kunci untuk memastikan program- program intenvensi dapat dilaksanakan dan dimanfaatkan secara optimal. (Alting).

Klik Gambar

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button