BERITA TERKINILAMPUNGPringsewu

Diwarnai Kendala Teknis, Pilkakon Berbasis E Voting di Pekon Sinarwaya Molor Dari Jadwal

Pringsewu (PL) – Pemilihan kepala pekon (Pilkakon) secara e-voting serentak di Kabupaten Pringsewu dilaksanakan hari ini. Rabu, 18 Mei 2022.

Sinarwaya merupakan Salah satu dari 19 pekon yang melaksanakan hajat demokrasi ditingkat desa atau pekon dan kali pertama dengan sistem E Voting dengan mengusung 2 kandidat calon kepala pekon yaitu Novi Yulhaizar dengan nomor urut 1 serta incubentĀ  Zulhaidir dengan nomor urut 2.

Pesta demokrasi untuk menentukan kursi kepemimpinan ditingkat pekon tersebut tentunya disambut antusias oleh warga setempat, hal ini diungkapkan oleh Ketua Panitia Pemilihan Kepala Pekon Sinarwaya Irwansyah.

” Antusias warga cukup tinggi bisa dilihat sendiri hingga waktu istirahat ini sudah sekitar 80 persen di TPS 2 ini yang telah memilih. Itu pun karena kendala pada teknis,” ujar Irwansyah.

Mengenai kendala tersebut Irwansah menjelaskan bahwa sistem e voting ini baru pertama kali dilakukan selain faktor teknis, faktor sistem pada peralatan pendukung menjadi penyebab pemilihan berjalan lamban.
” tetapi kami di bantu oleh tim kabupaten, sehingga pemilihan kepala pekon berjalan kondusif, meskipun tidak sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan,” ujarnya.

Sementara itu Tim teknis lapangan Asrul Kholik mengakui bahwa ada beberapa kendala tersebut, dan dirinya sedang berkoordinasi dengan tim kabupaten untuk mencari solusi yang cepat dan tepat.

” E VotingĀ  ini kan baru pertama kendala jelas pasti ada, dan kami masih terus bekerja untuk menyelesaikannya. Ada 2 hal yang menjadi persoalan yang pertama dari terkait input data pemilih serta faktor sistem perlengkapan dan ini sedang kami tangani dan terus berkoordinasi dengan tim dari kabupaten.” Jelas Asrul. (Na)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button