BERITA TERKINILAMPUNGWaykanan

DPRD WK , Gelar Paripurna Pertanggungjawaban LKPJ 2019

Way Kanan,penalampungnews.com

DPRD Way Kanan menggelar Rapat Paripurna dalam Rangka penyampaian Rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun 2019 melalui Video Conference di Ruang Rapat DPRD setempat, senin (18/05/2020).

Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Nikman Karim SH , dihadiri oleh dan diikuti oleh Bupati Raden Adipaty Surya , Wakil Bupati Edward Anthony , FORKOPIMDA , dan Anggota DPRD serta Jajaran Pemerintah Kabupaten Way kanan.

Dalam sambutan nya Bupati menyampaikan pemerintah selama ini mempunyai catatan penting yang tetap harus dipertahankan , yaitu sinergisitas implementasi regulasi yang ditetapkan , sehingga penyelenggaraan pemerintah berada pafa koridor yang tepat untuk mencapai target sasaran pembangunan yang sudah ditetapkan sesuai dengan kondisi dan kemampuan daerah.
Dimana dalam beberapa tahun terahir hingga tahun 2019 terdapat beberapa indikator makro way kanan yang harus membaik , antara lain IPM meningkat dari tahun 2016 sebesar 65,74 menjadi 67,19 di tahun 2019 , pertumbuhan ekonomi berfluktuasi selama periode 2016 -2019 dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 5,16 % dan persentasi penduduk miskin yang mengalami penurunan dari 14,58 % di tahun 2016 menjadi 13,07 % di tahun 2019 .

Bupati juga menyampaikan apa yang telah pemerintah kerjakan selama ini sudah tepat , bisa dilihat dari beberapa prestasi membanggakan yang berhasil diraih .
Untuk itu kita harus berupaya melakukan optimalisasi pendapatan , melakukan efisiensi dan fokus pada sasaran proritas yang berdampak pada percepatan pembangunan .
Kita juga berupaya meningkatkan peran pemerintah pusat maupun Provinsi sesuai dengan kewenangan nya didaerah serta melalui tugas pembantuan lainnya .
Dimana seiring menurunnya penerimaan Negara , maka penerimaan daerah tahun 2020 akan terjadi penurunan yang signifikan .

Buapti berharap agar bisa memikirkan solusi keterbatasan ini, sekaligus berupaya mencari sumber-sumber pembiayaan yang memungkinkan untuk mendorong percepatan pembanguan di Bumi Ramik Ragom ini .
Upaya itu juga dapat dilakukan dengan mensinergikan program proritas Nasional dan program unggulan daerah agar semakin banyak kegiatan pemerintah yang dapat dilakukan daerah .
Selanjutnya kedepan kita juga semakin menyadari bagaimana memanfaatkan anggaran yang terbatas dapat mencapai sasaran pembangunan yang bisa dirasakan masyarakat .ujar Bupati. (Alting)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button