BERITA TERKINILAMPUNGMesuji

Guna Mengenalkan Adat Dan Kebudayaan,Disdikbud Mesuji Gelar Pentas Seni di TMII…

Penalampungnews. Com

Mesuji-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mesuji terus berupaya mengenalkan adat istiadat dan kebudayaan masyarakat Kabupaten Mesuji agar semakin dikenal oleh masyarakat luar Mesuji.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) kebudayaan Disdikbud Mesuji Lasmidi S.Pd salah satu cara untuk mengenalkan adat istiadat dan kebudayaan Kabupaten Mesuji yaitu dengan menggelar pentas seni baik di kabupaten sendiri, Provinsi,hingga tingkat nasional di Anjungan Lampung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) jakarta.

“Kita hampir setiap tahun menggelar pentas seni di Anjungan Lampung TMII langkah ini dilakukan untuk terus mengenalkan kebudayaan dari masyarakat Kabupaten Mesuji agar semakin dikenal oleh masyarakat luar provinsi Lampung untuk membuat Kabupaten Mesuji semakin dikenal budayanya oleh masyarakat indonesia,”jelas Lasmidi.

“Lasmidi menambahkan pihaknya baru-baru ini juga sudah mengadakan pentas seni di anjungan Lampung TMII yaitu pada Minggu (9/7/2017) dengan menggelar tari-tarian seperti tari sembah,lagu-lagu lampung seperti tanah lado dan yang lainnya serta pencak silat tunggal putra.tari kreasi khas Mesuji serta theater yang mengisahkan kehidupan penduduk asli Mesuji.

”Respon pengunjung cukup baik itu terlihat dari antusias pengunjung yang melihat pentas dan teater yang kita adakan,”imbuhnya.

Pentas Theater dengan judul”orang miskin berlagak’ yang bisa dikutip dari cerita ini,”lanjut Lasmidi yaitu mengkisahkan tentang orang miskin pengupas kayu gelam namun gayanya seperti orang kaya.

Selanjutnya yaitu Prolog yang menceritakan tentang ‘manusia bersisir’cerita ini menggambarkan tentang kehidupan nenek tua sejak dari muda kerjaannya hanya membuat kemplang.

”Jadi nenek ini sampai tidak memperdulikan dirinya, penampilannya compang-camping boro-boro mau bersolek sampai- sampai bersisir pun tidak pernah dia lakukan karena sibuk membuat kemplang untuk menafkahi keluarganya,”ucapnya.

Dia berharap kegiatan yang sudah dilakukan oleh pihaknya mampu untuk mengenalkan budaya,adat istiadat dan kehidupan masyarakat Mesuji serta Media untuk mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara.

”Ya mudah-mudahan ini bisa menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara dan merubah image buruk tentang Mesuji,”ujarnya.

(effendi)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button