BERITA TERKINICitizenEkobisKABIRO PENA LAMPUNGLAMPUNGTulang Bawang

Hendriwansyah Pimpin Upacara HUT Pol PP Ke 56.

Penalampungnews.com

Tulang Bawang – Wakil bupati Tulang Bawang, Hendriwansyah hari ini memimpin upacara bulanan sekaligus memperingati hari ulang tahun satuan polisi Pamong Praja ( satpol PP ) dan satuan perlindungan masyarakat  ( Satlinmas ) ke 56. Upacara tersebut digelar di halaman kantor pemkab, selasa, 17/04.

Pada kesempatan kali ini, Hendriwansyah juga membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) dalam rangka HUT satpol PP dan Satlinmas yang dikirimkan secara tertulis padanya, agar dibacakan pada saat upacara.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Hendriwansyah, Mendagri mengatakan peringatan HUT satpol PP dan Satlinmas kali ini sangat istimewa karena bertepatan dengan gelaran pilkada serentak 2018.

“ Peringatan ini menjadi sangat istimewa karena bersamaan Waktunya dengan tahapan penyelenggaraan pemilihan Kepala Daerah serentak di 171 (seratus tujuh puluh satu  daerah yang meliputi 17 Provinsi dan 154 Kabupaten/ kota).” Ucap Hendriwansyah membacakan pidato Mendagri.

 “ Tema Apel Siaga pada peringatan hari jadi Satpol PP ke-68 dan juga hari jadi Satlinmas ke-56 kali ini adalah “ Satpol PP dan Satlinmas siap mengawal pilkada serentak 2018”. Tema ini merujuk kepada upaya peningkatan kesiapsiagaan serta keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas sebagai perangkat daerah yang turut memberikan dukungan untuk kelancaran pelaksaanan pilkada 2018.” Lanjut Hendriwansyah kemudian.

Pedoman kerja bagi Satpol PP adalah merujuk kepada permendagri nomor 54 tahun 2011 tentang standar oprasional prosedur Satuan polisi pamong praja  dan bagi satlinmas keterlibatan secara aktip sebagai tenaga pengamanan langsung (PAMSUNG) dalam kelompok penyelenggaraan pemungutan suara (KPPS) dengan berpedoman undang undang nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas undang undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang undang nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Menjadi undang undang serta permendagri nomor 10 tahun 2009 tentang penugasan Satlinmas dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanaan penyelenggaran pemilihan umum.

“ Maka berdasar pada hal diatas, saya ( Mendagri ) meminta kepada Gubernur agar mengkoordinasikan Bupati/Walikota di daerah masing- masing untuk mengambil langkah-langkah antisipatif, antara lain memerintahkan kepada seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas meningkatkan kesiap siagaan dalam menjaga ketrtiban umum dan ketentraman masarakat serta perlindungan masyarakat, sebelum, pada saat dan setelah pemungutan suara pada pilkada serentak 2018. “ Tambah Hendriwansyah melanjutkan pidato Mendagri.

Usai membacakan pidato Mendagri, Hendriwansyah juga menegaskan kembali penekanan agar setiap aparat semakin waspada, mengingat kerawanan yang tinggi pada masa – masa pilkada.

“ Menjelang pilkada serentak 2018 merupakan masa-masa rentan terhadap munculnya kerawanan sosial. Untuk itu, perlu menjadi antisipasi kita agar rasa persatuan dan kesatuan diantara kita untuk semakin dipererat, jalinan kebersamaan antara ASN, unsur kepolisian, unsur TNI dengan masyarakat sangat perlu untuk ditingkatkan, mengingat terciptanya keamanan di Kabupaten Tulang Bawang tidaklah terlepas dari partisipasi seluruh lapisan masyarakat dan tanggung jawab kita.” Harap Hendriwansyah menutup sambutannya.

Upacara sendiri dihadiri oleh anggota Forkopimda daerah Tulang Bawang, Pj Sekdakab Tulang Bawang dan jajaran pejabat pemerintahan yang ada di pemkab Tulang Bawang.

(Sahdan)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button