Aspirasi PublikBERITA TERKINILAMPUNGLampung Timur

Kodim 0429/Lamtim Gelar Sosialisasi Permenhan Nomor 6Tahun 2015 Bersama BPBD Lamtim

Lampung Timur (Pena Lampung) -Komando Distrik Militer (Kodim) 0429/Lamtim menggelar sosialisasi Peraturan Menteri Pertahanan Nomor 6 Tahun 2015 tentang pedoman pelibatan TNI dalam penanggulangan bencana bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamtim, di Kodim, Jl. Soekarno-Hatta, Desa Mataram Marga, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, Selasa (26/11/2019).

Tampak hadir Kasdim 0429/Lamtim Mayor Kav. Joko Subroto, Perwira Staf, Danramil jajaran Kodim, Anggota Kodim, Ketua BPBD Lamtim Mansyur Syah.

Mewakili Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis, dalam sambutanya Kasdim mengatakan,”selamat datang Ketua BPBD Lamtim dan seluruh Anggota di Makodim dalam rangka Sosialisasi Peraturan Menteri Pertahanan RI Nomor 06 Tahun 2015 tentang pedoman pelibatan TNI dalam penggulangan bencana”.

“Kami sangat berharap dengan setelah kegiatan sosialisasi ini Prajurit sigap dalam membantu penggulangan bencana, mengingat ini menjelang musing penghujan rawan akan adanya bencana yang tak terduka”.

“Untuk wilayah Lampung Timur daerah yang sudah terdampak bencana dan sering terjadi sebagian besar adalah banjir dan kebakaran hutan, maka dari itu kita berkerja sama dengan BPBD, Polhut, serta intansi yang terkait untuk bersama-sama dalam mencegah bencana alam”.

“Apa yang dibutuhkan harus siap digunakan dan disesuaikan dengan yang ada dilapangan, karena bencana alam ini tidak bisa di prediksi dan terjadi secara tiba-tiba”, Pungkas Kasdim

Sementara Ketua BPBD Lamtim Mansyur Syah mengatakan,”gambaran memang benar apa yang sudah disampaikan pak kasdim tadi, Bahwa Standar Operasional Prosedur (SOP) keterlibatan TNI kususnya Kabupaten Lampung Timur belum punya payung hukum yang resmi”.

Masih menurutnya,”dengan adanya sosialisasi Permenhan RI Nomor 6 Tahun 2015 tentang pedomanan pelibatan TNI dalam penanggulangan Bencana, kedepan kita akan menyusun keterlibatan baik TNI, Polri dan Stakeholder terkait dalam penanggulangan bencana”.

“Dengan situasi luas wilayah dan jumlah penduduk Lampung Timur yang bervareasi, kedepan kita harus mengadakan simulasi, artinya agar kita dapat mengukur kesiapan menghadapai bencana yang ada dengan melibatkan semua instansi, Kami dari pihak BPBD merasa mendapat dukungan dan suport yang besar dengan adanya kegiatan sosialisasi ini,l”, Ujar Mansyur Syah.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan materi yang disampaikan oleh Danramil 429-03/Marga Tiga Kapten Inf. Syamsudin dan Ketua BPBD Lamtim Mansyur Syah. (Eri)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button