BERITA TERKINILAMPUNGLampung UtaraPENDIDIKAN

Mewakili Bupati Lampura,Kepala Disdik Dan Kebudayaan Hadiri Acara Parenting School…

Penalampungnews. Com, Lampura-Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP.,MH., diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara, Drs. Suwandi, M.Pd., bersama Bunda PAUD Kabupaten Lampung Utara, Hj. Endah Kartika Prajawati Agung, S.STP.,MH., menghadiri dan memberi sambutan sekaligus membuka Acara Proses Interaksi Berkelanjutan antara Orang Tua dan Anak (Parenting) dalam rangka mewujudkan fungsi keluarga khususnya fungsi sosial dan fungsi pendidikan sebagai Mitra Lembaga Pendidikan Usia Dini (PAUD) di Balai Desa Semuli Jaya Kecamatan Abung Semuli. Rabu (13/09/2017).
Hadir Ketua Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kabupaten Lampung Utara, Drs. Joko Sutrisno sebagai Narasumber, Camat dan Kepala Desa Semuli Jaya  Kecamatan Abung Semuli, Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat.
Bunda PAUD Kabupaten Lampung Utara mengatakan kegiatan seminar Parenting School ini menambah ilmu Parenting, ilmu tentang mendidik anak, baik sebagai orangtua maupun sebagai guru. Selain itu, acara ini menjadi ajang silaturahmi serta momentum yang baik untuk saling mengenal antar orangtua wali dan guru serta menjadi sinergi yang baik antara orangtua dan guru.
Pada kesempatan yang sama, Bunda PAUD menjelaskan pentingnya Parenting School ini agar kita dapat mengupayakan pola didik dan asuh anak yang tepat dan baik bagi anak, bukan hanya berdasarkan pengalaman yang sudah kita alami, melainkan juga pola didik dan pola asuh anak sesuai zamannya. Peran orangtua pun juga berpengaruh dalam pola didik dan pola asuh anak sebesar 70%, selebihnya ada pada peranan guru, namun seorang guru hanya berkisar rata-rata 4 jam saja dalam mendidik anak-anak di PAUD dan tetaplah orangtua yang memiliki pengaruh dominan pada pertumbuhan dan perkembangan anak.
Dalam sambutan Bupati Lampung Utara, Kepala Dinas Pendidikan mengatakanpendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan. Oleh karena itu pemerintah bertekad memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan dunia pendidikan. Berbagai langkah telah dilaksanakan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, agar anak bangsa dapat sejajar dengan bangsa lain, baik dalam bidang sains dan teknologi serta juga moral. Peran pendidikan sangat penting dalam membangun peradaban bangsa, agar memiliki jati diri dan karakter. Untuk itu perlu kebersamaan dan komitmen kita dalam melaksanakan pembangunan pendidikan. Pembangunan pendidikan tentunya bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja, tetapi butuh dukungan berbagai pihak serta dukungan seluruh masyarakat.
Lingkungan keluarga memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan pendidikan anak. Sebagian besar pertumbuhan dan perkembangan anak berada di lingkungan keluarga. Keluarga memiliki peranan yang sangat penting dalam mendidik serta mengarahkan dalam membentuk sejak dini karakter anak,  guna menempa fisik, mental dan moral agar mereka menjadi manusia yang berkulitas.
“Saya menyambut baik atas dilaksanakan kegiatan Parenting School pada hari ini, sehingga diharapkan dapat semakin menambah pengetahuan dan pemahaman kita sebagai orang tua dalam memberikan pembinaan dan pengasuhan kepada anak, sehingga menjadi generasi yang cerdas, berkualitas, dan berakhlak mulia” Papar Kepala Dinas Pendidikan.
Dalam kutipan Narasumber, Drs Joko Sutrisno mengatakan dalam tumbuh kembang anak diwajibkan lima hak dasar yang wajib disempurnakan pada anak, daya ingat, emosi, mental, keinginan, dan semangat. Tetapi itu semua bukan berarti dibebankan semuanya pada anak, tapi sebagai orangtua mesti mengetahui hal tersebut dan menanamkannya dalam program tumbuh kembang anak. Orangtualah yang mesti mengambil peranan aktif dalam tumbuh kembang anak tersebut.
“Maka Parenting School ini diadakan agar orangtua memiliki wawasan pengetahuan dan skill dalam pola didik dan pola asuh disaat pertumbuhan dan perkembangan anak”  Kata Joko Sutrisno dalam kutipannya.  (Faisol)
Klik Gambar

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button