BERITA TERKINILampung Selatan

Optimalkan Pengawasan Pemilu 2019,Bawaslu Lampung Selatan Gandeng Elemen Pemuda

Lampung Selatan-Dengan melibatkan unsur pemuda yang berasal dari organisasi pemuda se-Kabupaten Lampung Selatan.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lamsel menggelar deklarasi duta Bawaslu dalam acara sosialisasi Pengawasan Partisipasif Pemilu 2019 di Negeri Baru Resort, Rabu (13/3/2019).

Kegiatan itu diikuti Organisasi Pemuda Lamsel diantaranya pemuda Ansor,pemuda Muhamadiyah, KNPI, PMII, HMI, IMM,LMND, Himals ,Bem Kampus Kalianda, IPNU, IPM, dan Mapilu PWI LamSel.

Dalam sambutannya,Hendra Fauzi selaku Ketua Badan Pengawas Pemilu Lampung Selatan ,mengatakan satu di antara elemen dan indikator yang paling mendasar dari keberhasilan dan kualitas pelaksanaan penyelenggaraan pemilu yang demokratis adalah adanya keterlibatan masyarakat secara aktif dalam proses berjalannya tahapan-tahapan pemilu, khususnya dalam hal pengawasan atau pemantauan proses pemilu.

“Partisipasi bertujuan mendorong aktif kegiatan demokrasi untuk semua proses kepemiluan. Karena bawaslu tentu tidak dapat secara maksimal dalam menajalankan pengawasan tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat,” kata Hendra.

Menurut Hendra, ada 3 tahapan pemilu krusial yang dihadapi, yakni pra pemilu, pemilu dan pasca pemilu. Sedangkan jenis-jenis pelanggaran ada 4 macam, pertama pelanggaran kode etik, administrasi, pidana pemilu dan pelanggaran lainnya.

“Kendati begitu, yang diutamakan dalam fungsi pengawasan adalah pencegahan. Ada banyak cara dalam melakukan pencegahan dalam rangka partisipasi pengawasan, diantaranya sosialisasi dan pelaporan ke pengawas lapangan terhadap adanya indikasi pelanggaran,” imbuhnya.

Turut hadir dalam acara, Komisioner Bawaslu Lampung, Iskardo P. panggar, Ketua Dewan Penasehat Masyarakat Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) Lampung Selatan, Alfandi.

Laporan/penulis :Sior Prayudi

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button