BERITA TERKINILAMPUNGPringsewu

SPI LAMPUNG SUKSES BESAR ADAKAN TEMU PETANI LAMPUNG

PRINGSEWU (PL) – Suksesnya acara Temu Petani Lampung yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo serta lebih dari 20.000 petani dari pelbagai plosok propinsi Lampung tak lepas dari peran dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Serikat Petani Indonesia (SPI) Propinsi Lampung.
Meski sempat tertunda 2 jam serta diguyur hujan deras massa yang sudah berkumpul di lapangan pelayangan Pekon Pujodadi kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu tetap setia mengikuti acara yang bertema ” Bersma Mewujudkan Kesejahteraan Petani”.  Sabtu, (24/11) kemarin.

Ketua DPW SPI Lampung Muhlasin kepada media ini menyampaikan terimakasihnya kepada Presiden Jokowi yang sudah berkenan hadir ke acara tersebut.

“Saya Ketua SPI Lampung sekaligus ketua panitia mengucapkan terimakasih kepada Bapak Presiden dan rombongan yang sudah berkenan hadir, juga kepada seluruh panitia serta masyarakat khususnya warga Pekon Pujodadi sehinga acara ini bisa terlaksana sesuai dengan yang diharapkan,” paparnya, Senin (26/11).

Ditambahkan Muhlasin, SPI Lampung mendukung apa yang menjadi program-programnya  pemerintahan Jokowi dalam rangka menumbuhkan, membangkitkan inisiatif-inisiatif petani dalam menegakkan kedaulatan pangan dan meningkatkan kesejahteraannya para petani.
Sedangkan kegiatan temu petani Lampung tersebut bertujuan sebagai media komunikasi antara petani dengan pucuk tertinggi pemerintahan untuk menyampaikan secara langsung tentang kendala, hambatan, serta harapan petani berkaitan dengan masalah produksi. Karena bicara kedaulatan pangan tidak lepas dari masalah produksi pangan itu sendiri.

“ Entry Point nya adalah ormas tani mampu membangun kemitraan dengan Bulog untuk penyerapan hasil produksi padi,” ungkapnya.

Muhlasin melanjutkan, untuk menegakkan kedaulatan pangan, penting juga bagi kaum tani untuk mampu berdaulat benih, menangkarkan benih sendiri, hingga memproduksi pupuk alami secara mandiri.

“Sudah seharusnya pemerintah melalui Bulog, dibangun kerjasama dengan koperasi-koperasi yang dikelola oleh petani itu sendiri,” tandasnya

Dalam kesempatan yang cukup singkat tersebut dihadapan Presiden RI, dilakukan   penandatanganan kesepakatan (MoU) antara Koperasi Petani Indonesia (KPI) Lampung (koperasinya SPI Lampung) dengan Bulog Divre Lampung. (Novi Antoni)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button